KICKS melakukan audiensi ke KSP untuk dukungan Kampanye Publik Cegah Kanker Serviks

July 27, 2017 5:49 am by. KICKS

JAKARTA, 03 Maret 2017 –  Kanker Serviks yang disebabkan oleh virus HPV adalah salah satu penyebab kematian tertinggi perempuan di negara berkembang termasuk Indonesia. Terkait hal ini, Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) mengajak pemerintah melakukan kampanye bersama dalam upaya eradikasi kanker serviks melalui program vaksinasi HPV nasional.

HOGI menggiatkan kampanye ini diawali dengan membentuk sebuah koalisi yang anggotanya terdiri profesi medis dan nonmedis dari berbagai elemen masyarakat  yaitu ‘Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks atau KICKS’. Sebagai tahap awal dari  kampanye ini, KICKS telah berinitiatif melakukan audiensi kepada Kepala Staff Kepresidenan (KSP) di awal Maret 2017 lalu.

Dalam pertemuan ini KICKS telah menyampaikan kepada pihak KSP mengenai rencana Kampanye Publick Cegah Kanker Serviks dengan tema ‘Melangkah Bersama Cegah Kanker Serviks’ setidaknya dengan tiga langkah.

Pertama, memberi dukungan kepada program penatalaksanaan (skrining abnormal) dan vaksinasi HPV (BIAS). Kedua, memperluas jangkauan dan partisipasi dari perkumpulan medis dan non-medis dalam usaha melawan kanker serviks, terutama pemberian vaksin HPV. Dan ketiga, mengkoordinir gerakan serta kegiatan pencegahan HPV dan kanker serviks, termasuk vaksinasi.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mendukung penuh program pemberantasan kanker serviks. “Kita harus membangun kesadaran masyarakat melakukan pemeriksaan dini dan pencegahan yang selama ini terhitung amat rendah. Upaya ini efektif dengan melibatkan kerja bareng pemerintah, swasta, dan sekolah,” kata Teten.

Nantinya, program ini akan bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

HOGI juga berharap, Ibu Negara dan OASE KK dapat ‘merangsang’ ibu-ibu Kepala Daerah untuk mewujudkan terselenggaranya program vaksinasi HPV di daerah masing-masing. “Dan pada ujungnya, dapat memperkuat kesuksesan program skrining dan vaksinasi HPV secara nasional,” jelasnya.



Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kanker serviks dan pencegahannya, Anda bisa mengirimnya ke koalisicegahkankerserviks@gmail.com