KICKSxHOPE Luncurkan Gelang Harapan #CegahKanker Serviks!

December 20, 2017 7:43 am by. KICKS

Beradasarkan data dari GLOBOCAN 2012, setiap harinya ditemukan 26 perempuan Indonesia  meninggal karena kanker serviks. Hal ini berarti setiap jam, satu perempuan Indonesia meninggal setiap harinya. Padahal kanker serviks adalah satu – satu nya kanker yang dapat dicegah melalui vaksinasi HPV dan skrining secara dini. Untuk mensosialisasikan informasi ini, KICKS melakukan berbagai kegiatan untuk membangun kesadaran akan bahaya kanker serviks dan pencegahannya, baik itu kepada publik dan juga pemerintah.  Beberapa diantaranya adalah dengan mengadakan talkshow di radio, lokakarya, kerjasama dengan organisasi nirlaba lainnya, serta audiensi dengan lembaga pemerintah terkait.

Sebagai salah satu bentuk komitmen KICKS untuk meningkatkan kesadaran publik tentang bahaya kanker serviks, KICKS bersama dengan dengan Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE”, meluncurkan sebuah gelang solidaritas yang dinamakan gelang harapan #CegahKankerServiks pada tanggal 20 Desember 2017 Bertempat di Eighty Nine Eatery, Kemang.

Aryanthi Baramuli Putri, Ketua Umum dan Pendiri Cancer Information and Support  Center (CISC) yang juga merupakan perwakilan dari KICKS di sela-sela peluncuran mengatakan, “Kanker serviks terus menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Bahkan, 70% kasus ditemukan adalah perempuan dengan kanker serviks stadium lanjut yang sulit untuk disembuhkan. Melalui gelang harapan #CegahKankerServiks ini, kami ingin masyarakat dapat lebih memperhatikan isu yang mengkhawatirkan ini dan mendorong mereka dalam bergerak melawan kanker serviks, yaitu dengan melakukan tindakan preventif seperti deteksi dini dan vaksinisasi HPV.”

KICKS dan Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE” memiliki komitmen yang sama untuk mengurangi jumlah penderita kanker serviks di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Wulan Guritno, Duta Cegah Kanker Serviks dan Co-Founder Bracelet of HOPE turut menyampaikan, “Sebagai Duta Cegah Kanker Serviks dan juga seseorang yang aktif menyuarakan dukungan untuk penderita kanker, saya merasa sangat terhormat untuk dapat berkolaborasi dengan KICKS. Kami yakin Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi suatu persembahan dari kami yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan.”

Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini merupakan gelang yang dibuat dengan “kain jumputan” atau dikenal juga dengan “kain pelangi” yang lekat dengan harapan yang diproduksi khusus oleh rumah produksi Ghea Panggabean dengan warna hijau turqoise, yaitu warna resmi gerakan kanker serviks di seluruh dunia, dan dibuat langsung oleh tangan-tangan 20 ibu pengrajin binaan Bracelet of HOPE. Maka dari itu, gelang ini sekaligus menjadi sebuah simbol harapan serta gerakan sosial dari KICKS dan HOPE dalam menghimbau masyarakat berpartisipasi memberikan dukungannya untuk  melawan kanker serviks.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini adalah PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (BNI) yang telah memberikan dukungannya sebagai upaya  menurunkan jumlah penderita kanker serviks di Indonesia serta mendukung program pencegahan kanker serviks yang digagas oleh Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE KK).Corporate Secretary BNI, Kiryanto mengatakan, “Partisipasi kami di Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini juga sebagai upaya BNI dalam meningkatkan kesadaran publik mengenai kanker serviks dan menghimbau mereka agar dapat segera melakukan pencegahan dini sehingga generasi perempuan Indonesia sekarang dan di masa depan dapat terlindungi dari kanker serviks.”

Gelang harapan #CegahKankerServiks dapat diperoleh dengan donasi sebesar Rp150.000, dan seluruh hasil donasi yang digalang akan didedikasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial terkait kanker serviks yang dilakukan oleh KICKS dan Bracelet of HOPE. Gelang harapan #CegahKankerServiks  bisa didapatkan melalui pemesanan melalui Whatsapp ke 08980306980 dan www.gelangharapan.com. Sebagai rangkaian dari kegiatan kampanye, KICKS dan HOPE juga membuka booth selama satu bulan di Januari di mall terpilih agar memudahkan masyarakat mendapatkan informasi seputar kanker serviks dan upaya pencegahannya serta memperoleh Gelang Harapan #CegahKankerServiks.

Informasi lebih lanjut mengenai gelang harapan bisa dilihat di Instagram @gelangharapan.

Mari ambil bagian dalam gerakan ini dan sebarkan harapan bagi para penderita kanker di Indonesia!



Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kanker serviks dan pencegahannya, Anda bisa mengirimnya ke koalisicegahkankerserviks@gmail.com