Mengenali Berbagai Tahap Stadium Kanker Serviks

December 11, 2017 2:45 pm by. KICKS

Kanker serviks menempati peringkat kedua sebagai jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita Indonesia. Ketika Anda didiagnosis dengan kanker serviks, dokter akan menyebutkan stadium kanker Anda. Stadium adalah cara untuk mengetahui seberapa jauh kanker telah memengaruhi kondisi tubuh, seperti apakah sel kanker telah menyebar ke organ lain.
Masing-masing stadium dapat menampakkan gejala yang berbeda. Maka, buatlah catatan mengenai semua keluhan yang Anda rasakan, kemudian konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penjelasan yang lebih akurat. Mengetahui stadium kanker serviks juga akan membantu dokter untuk merancang rencana pengobatan yang terbaik bagi Anda.

Tahapan stadium kanker serviks yang perlu diwaspadai

Stadium kanker serviks dikelompokkan berdasarkan tingkat tumor utama, penyebaran kanker ke kelenjar getah bening di dekatnya, dan penyebaran kanker ke bagian tubuh lain yang jauh dari tempat awal kanker berkembang.
Berdasarkan pengelompokkan tersebut, penyebaran sel kanker kanker dibagi menjadi empat stadium. Dilansir dari American Cancer Society, berikut ini merupakan tahapan stadium kanker serviks:

Stadium 0
Pada tahap awal, sel kanker hanya ada di sel-sel pada permukaan terluar leher rahim. Sel kanker belum menyerang sampai ke jaringan serviks yang lebih dalam.

Stadium I
Pada tahap ini, sel kanker telah menyerang serviks tapi tidak tumbuh di luar rahim. Sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening yang ada di dekatnya atau menyebar ke tempat yang lebih jauh. Stadium 1 dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu:

Stadium IA: Merupakan bentuk awal dari tahap 1. Sel kanker dalam jumlah kecil sudah menyerang serviks dan ini hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Stadium 1A dibagi lagi menjadi:
● Stadium IA1: Sel kanker sudah menyerang jaringan serviks dengan kedalaman <3 mm dan mempunyai lebar <7 mm
● Stadium IA2: Sel kanker sudah ada di jaringan servik dengan kedalaman antara 3-5 mm dan lebar <7 mm

Stadium IB: Sel kanker sudah bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop. Ukuran sel kanker sudah lebih besar dibandingkan stadium 1A, tapi masih menyebar hanya di jaringan serviks. Stadium 1B dibagi menjadi:
● Stadium IB1: Kanker sudah bisa dilihat dan mempunyai ukuran ≤4 cm
● Stadium IB2: Ukuran sel kanker sudah lebih besar dari 4 cm

Stadium II
Pada tahap ini, kanker telah menyebar ke luar serviks dan rahim, tapi belum menyebar ke dinding panggul atau bagian bawah vagina. Sel kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau ke bagian tubuh yang jauh lainnya.

Stadium IIA: Pada stadium ini, sel kanker belum menyebar ke jaringan dekat serviks, tapi mungkin sudah menyebar ke bagian atas vagina (belum keseluruhan vagina). Stadium ini dibagi lagi menjadi:
● Stadium IIA1: Kanker dapat dilihat tapi masih tidak lebih besar dari 4 cm
● Stadium IIA2: Kanker sudah lebih besar dari 4 cm

Stadium IIB: Kanker telah menyebar ke jaringan di sekitar serviks.

Stadium III
Kanker sudah menyebar ke bagian bawah vagina atau dinding panggul dan mungkin menghalangi saluran kencing. Namun, sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau ke bagian tubuh lain yang lebih jauh. Stadium ini dibagi menjadi:
Stadium IIIA: Kanker sudah menyebar ke sepertiga bagian bawah vagina tapi tidak mencapai dinding panggul.

Stadium IIIB: Ada dua kemungkinan kondisi pada stadium IIIB ini, yaitu:
1. Kanker sudah tumbuh mencapai dinding panggul dan/atau telah menghalangi satu atau kedua saluran kencing. Hal ini kemudian dapat menyebabkan masalah ginjal.
2. Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar panggul tapi tidak sampai ke bagian tubuh yang jauh. Tumor pada stadium IIIB ini bisa dalam berbagai ukuran dan mungkin sudah menyebar ke bagian bawah vagina atau dinding panggul.

Stadium IV
Ini merupakan stadium akhir dari kanker serviks. Kanker tidak hanya menyerang serviks, tapi juga menjalar ke organ terdekat dengan serviks atau ke bagian tubuh lain yang bahkan jauh dari serviks. Stadium ini kemudian dibagi lagi menjadi:

Stadium IVA: Sel kanker telah menyebar ke kandung kemih atau ke rektum, dua organ terdekat dengan serviks. Namun, pada stadium ini sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau ke bagian tubuh lain.

Stadium IVB: Sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh dari serviks, seperti sampai paru-paru atau hati.

Sumber:
American Cancer Society. (2016). Cervical Cancer Stages. [online] Available at: https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/detection-diagnosis-staging/staged.html [Accessed 7 Sep. 2017].
Cancer Research UK. Stages, types and grades | Cervical cancer | Cancer Research UK. [online] Available at: http://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cervical-cancer/stages-types-grades [Accessed 7 Sep. 2017].


Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kanker serviks dan pencegahannya, Anda bisa mengirimnya ke koalisicegahkankerserviks@gmail.com