Satu Vaksin HPV, Cegah Empat Jenis Kanker

Pekan Imunisasi Dunia (World Immunization Week/WIW) tahun ini, diharapkan bisa menargetkan pemberian vaksin untuk mencegah penyakit kanker, seperti yang dilakukan untuk penyakit polio dan cacar.

Menurut Anna Giuliano, Direktur Moffit Cancer Center yang berbasis di Tampa, Florida, Amerika Serikat (AS), selama pertengahan abad terakhir, para ilmuwan dan komunitas perawatan kesehatan mampu menurunkan penyakit polio dan cacar melalui pemberian vaksinasi yang gencar dilakukan di berbagai belahan dunia.

Namun saat ini, lanjutnya, ada ancaman Human Papilloma Virus (HPV) yang bukan hanya menjadi penyebab kanker serviks, tapi juga tiga jenis kanker lainnya. HPV menjadi agen infeksi kanker paling berbahaya dan telah menjadi penyebab 18% kematian akibat kanker di seluruh dunia. (Baca: Waspadai Jenis-Jenis HPV)

Giuliano mengungkapkan, pada 1995, HPV dianggap hanya menyebabkan kanker serviks. Namun dalam waktu 10 tahun, tepatnya pada 2005, sejumlah penelitian menunjukkan HPV menyebabkan tiga jenis kanker lain, yakni dubur, orofaringeal (mulut, bagian tengah tenggorokan, langit-langit lunak, pangkal lidah dan amandel) dan rarer (vagina, vulva dan penis).

Itu sebabnya, Giuliano mendorong WIW tahun ini di berbagai belahan dunia, juga menyasar pemberian vaksin HPV kepada anak-anak dan orang dewasa, mulai usia 9-55 tahun. “Hari ini, dengan hanya satu vaksin, kita dapat mencegah empat jenis kanker yang berbeda yang dapat menginfeksi perempuan dan laki-laki," kata Giuliano.

Pekan Imunisasi Dunia, ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Orgaization/WHO), yang berlangsung mulai 24-30 April, setiap tahun. Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia 2018, WHO meluncurkan program “Protected Together” dengan kampanye tanda pagar #VaccinesWork, melalui kegiatan edukasi dan vaksinasi penyakit yang disebabkan virus di berbagai belahan dunia.

Sumber : https://moffitt.org