Waspadai Jenis-Jenis HPV

Human papillomavirus atau HPV, memang menjadi momok menakutkan bagi wanita. Pasalnya, HPV merupakan penyebab utama kanker serviks yang hampir tak dapat disembuhkan dan bisa mematikan.

Tapi tahukah Anda bahwa HPV jenisnya mencapai ratusan dan mudah ditularkan? Apakah Anda juga tahu, bahwa tidak semua jenis HPV menjadi penyebab kanker serviks?

Berikut ini, adalah tiga hal yang perlu Anda ketahui dan waspadai mengenai jenis-jenis HPV:

  1. Terdapat lebih dari 130 Jenis HPV

Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat sekitar 130 jenis HPV. Dari ratusan jenis tersebut, ada sekitar 15 jenis HPV yang berpotensi menjadi penyebab kanker serviks. Jenis ini yang disebut HPV tipe ganas (high-risk HPV).

  1. Dua HPV Paling Umum

Dari 15 jenis HPV yang berpotensi menjadi penyebab kanker serviks, dua diantaraya yang paling umum adalah HPV tipe 16 dan HPV tipe 18. Jenis ini menjadi penyebab kanker serviks pada 70 persen wanita. Sisanya merupakan tipe 31, 33, 45, 52, dan 58. (Baca: Catat! Inilah Usia Rentan Infeksi HPV)

  1. HPV Yang Tidak Menyebabkan Kanker Serviks

Ada jenis HPV yang tidak menyebabkan kanker serviks, yakni jenis yang menjadi penyebab kutil pada alat kelamin. Biang keladi penyakit kutil kelamin adalah HPV tipe 6 dan HPV tipe 11. Tipe ini disebut low-risk. Meskipun tidak mematikan seperti kanker serviks, tetapi kutil kelamin yang disebabkan HPV tipe ini bisa menular dan mengganggu karena menyebabkan rasa gatal dan perih pada kelamin. Selain itu, pengobatannya pun membutuhkan waktu dan ada kemungkinan kambuh lagi.

Dengan mengenal jenis-jenis HPV, Anda bisa memahami ketika melakukan pemeriksaan dan mendapatkan diagnosis mengenai jenis HPV yang mungkin menjangkiti Anda.

Jangan malu untuk bertanya pada dokter dan segeralah melakukan upaya pencegahan, yakni dengan vaksinasi HPV, agar dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda untuk mencegah dan melawan infeksi HPV. (Baca: Lakukan 4 Pola Hidup Sehat Mencegah Kanker Serviks)