Wulan Guritno: Survivor Kanker Serviks Selalu Jadi Penyemangat

Hampir empat tahun, Wulan Guritno aktif dalam kampanye kanker serviks. Bahkan, Wulan tergolong selebriti yang paling lama bergabung sebagai Duta Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS).

Tentunya tidak mudah menjaga konsistensi di tengah kesibukannya sebagai aktris. Apalagi, Wulan juga menjalankan peran sebagai pebisnis dan ibu rumah tangga.

Namun aktris cantik yang pernah menyabet gelar Most Favourite Supporting Actress di MTV Indonesia Movie Awards 2007, lewat perannya sebagai Monita di film Naga Bonar (Jadi) 2 itu, mengaku sebisanya menjaga konsistensi sebagai Duta KICKS. (Baca: Sarwendah : Terinspirasi Semangat Jupe dalam Melawan Kanker Serviks)

“Enggak gampang jalaninnya. Kadang kalau capek kerja atau ada target tertentu, ya harus perang sama diri sendiri, mana yang jadi prioritas. Sebab (gerakan ) ini kayak ibadah, tanggung jawabnya sama Tuhan, jadi enggak bisa mundur,” kata Wulan, saat peluncuran Gelang Harapan Kanker Serviks, beberapa waktu lalu.

Dia mengaku, punya tips khusus untuk menyemangatinya, ketika rasa capek melanda, namun harus terlibat dalam kegiatan Duta KICKS. Cukup dengan mengingat perjuangan para survivor kanker serviks,  aktris yang sempat berkecimpung menjadi calon anggota legislatif pada Pemilihan Umum 2009 itu, akan kembali bersemangat.

“Setiap kali capek atau ragu, kemudian ingat bagaimana melihat wajah mereka (survivor kanker serviks, Red) bahagia dan bersemangat, itu yang membuat saya jadi semangat membantu gerakan ini,” ujar Wulan. (Baca: Catatan Perjalanan Jupe Melawan Kanker Serviks)

Karena mengingat perjuangan para survivor pula, Wulan mengungkapkan, meskipun banyak tawaran pekerjaan yang bentrok dengan kegiatan sosialisasi KICKS, sebisanya dia akan tetap menyempatkan waktu untuk ikut dalam kegiatan yang dinilainya positif ini.

Wulan pun mengingatkan bahwa gerakan KICKS hanya bisa dilakukan jika semua pihak, terutama kaum perempuan saling bergandengan tangan untuk menyosialisasikan tindakan pencegahan melawan kanker serviks.

“Cukup ingat bahwa gerakan ini enggak bisa sih kalau kita enggak bergandengan tangan untuk menyosialisasikan dan membantu teman-teman yang berjuang melawan kanker serviks,” kata Wulan. (Baca: Seberapa Dekat Kita Dengan HPV? Ini 5 Faktor Yang Bikin Kamu Lebih )

 

Sumber : Viva.com