Ini Dia Makanan Yang Berpotensi Mengandung Karsinogen, Zat Penyebab Kanker

Makanan bisa sebabkan kanker? Pertanyaan itu sering  muncul di benak kita. Dan pastinya hal itu bikin kita deg-degan, khawatir akan kebenarannya atau tidak.

“Jadi apakah betul kanker itu dipicu dari pola makan?” kata Spesialis Gizi RS MRCCC Siloam Semanggi, Fiastuti Witjaksono mempertanyakan. Yang jelas, lanjut dia, terdapat hubungan erat antara nutrisi dan penyakit keganasan kanker. 

Ini terutama makanan yang mengandung karsinogen. Maka penting untuk tahu, makanan apa saja sih yang berisiko memiliki zat penyebab kanker tersebut. Yuk simak penjelasan dari Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo berikut ini :

  • Kacang yang terlalu lama disimpan

Kacang yang sudah disimpan terlalu lama bisa mengandung jamur sehingga akhirnya mengandung aflatoksin. Yakni racun yang merupakan karsinogen natural dimana bisa menyebabkan kanker liver. (Baca: Mengenal Gejala dan Pengobatan Kanker Serviks Stadium 1)


  • Daging Dengan Cara di Bakar

Jenis makanan daging dan ikan yang dibakar dan terkena api bisa bersifat karsinogen. Jangan memasak hingga terlalu gosong. Sebaiknya tidak sering mengonsumsinya. Kalaupun iya, proses membakar sebaiknya menggunakan daun sebagai bungkus. Bisa menyebabkan kanker kolon dan kanker payudara.

  • Makanan Gorengan

Sama dengan daging dibakar, makanan yang digoreng dengan minyak banyak juga bisa menghasilkan karsinogen dari proses penyiapannya. Berisiko menyebabkan kanker kolon dan payudara. (Baca: Siapa Saja yang Berisiko Terkena Kanker Serviks?)

  • Pengawet dan Pewarna dalam Makanan

Pedagang nakal terkadang menggunakan pengawet dan pewarna yang bukan untuk makanan. Karena pewarna makanan mahal, mereka menggunakan pewarna tekstil. Selalu pastikan keamanan dari jajanan di pinggir jalan.

  •  Gula Artisfisial (Sakarin dan Siklamat)

Sakarin dan siklamat banyak digunakan oleh pedagang kecil. Sakarin juga banyak digunakan pada minuman energi. Berisiko menyebabkan kanker kandung kemih.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!