KICKS dan Bracelet of HOPE Berkolaborasi dengan Senayan City untuk Advokasi Perempuan Indonesia tentang Pencegahan Kanker Serviks

Jakarta, 17 Februari 2018 – Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) kembali mengedukasi dan menghimbau perempuan Indonesia dan masyarakat umum tentang pentingnya pencegahan kanker serviks. Dalam rangka Hari Kanker Sedunia dan masih bagian dari kampanye publik #CegahKankerServiks, KICKS bekerja sama dengan Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE” membuka pop-up booth Gelang Harapan Kanker Serviks sepanjang bulan Februari yang berlokasi di Senayan City. Kali ini, sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan tersebut, KICKS, Bracelet of HOPE dan Senayan City menggelar program talk show “Kenali Pencegahan Kanker Serviks” yang ditujukan untuk komunitas perempuan.

Di sela-sela acara, dr. Adriansjah Dara, SpOG, MKes., Ob/Gyn Specialist Siloam Hospital Semanggi mengatakan, “Kanker serviks bukan karena faktor keturunan, tetapi penyebab utamanya adalah Human Papillomavirus (HPV). Oleh sebab itu, kanker serviks seharusnya bisa dicegah dengan dua cara, yang pertama dengan pencegahan primer melalui vaksinasi HPV dan edukasi kesehatan, serta pencegahan sekunder melalui skrining rutin (Pap Smear, Tes IVA, Tes HPV DNA).” Dokter Dara juga menjelaskan bahwa dibutuhkan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat luas, terutama perempuan Indonesia akan pentingnya langkah pencegahan ini oleh karena itu gerakan-gerakan sebagai mana yang di inisiasi KICKS dan Bracelet of HOPE ini diperlukan untuk memastikan masyarakat lebih peduli dengan masalah ini. Ia juga mengungkapkan harapnnya agar masyarakat dapat lebih termotivasi dan tergerak untuk segera melakukan tindakan nyata dalam melindungi diri dari bahaya kanker serviks ini, karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Selain membuka pop-up booth Gelang Harapan Kanker Serviks di Senayan City, KICKS dan Bracelet of HOPE juga mengajak berbagai komunitas perempuan untuk hadir dalam sesi Talk Show “Kenali Pencegahan Kanker Serviks” yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada perempuan Indonesia yang berada di usia produktif akan bahaya dan pencegahan kanker serviks.

Diluncurkan pada bulan Desember 2017 lalu, Gelang Harapan Kanker Serviks merupakan kolaborasi antara KICKS dengan Bracelet of HOPE untuk mengajak masyarakat secara aktif berpartisipasi dalam gerakan pencegahan kanker serviks. Edisi Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini merupakan produksi khusus, karena terbuat dari kain jumputan oleh rumah produksi Ghea Panggabean dengan warna hijau turqoise, yaitu warna resmi gerakan kanker serviks di seluruh dunia, dan dibuat langsung oleh tangan-tangan 20 ibu pengrajin binaan Bracelet of HOPE.

Jaclyn Halim selaku Leasing & Mkt. Comm GM Senayan City mengatakan, “Saat ini Isu kanker serviks terus menjadi perhatian yang mengkhawatirkan bagi generasi perempuan Indonesia. Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan serta menghadirkan sebuah program yang bermanfaat bagi masyarakat maupun pengunjung setia Senayan City, seperti edukasi kanker serviks. Kami harap dengan kolaborasi bersama KICKS dan Bracelet of HOPE ini dapat menjadi suatu penggerak serta pengingat akan pentingnya menjaga dan melindungi baik diri maupun keluarga yang kita sayangi. Kami berharap dengan hadirnya Gelang Harapan Kanker Serviks ini juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terus mendukung perempuan Indonesia agar terbebas dari bahaya kanker serviks.”

Saat ini, Gelang Harapan Kanker Serviks dapat diperoleh dengan donasi sebesar Rp150.000, dan seluruh hasil donasi yang digalang akan didedikasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial terkait edukasi kanker serviks yang dilakukan oleh KICKS dan Bracelet of HOPE. Gelang harapan Kanker Serviks dapat dipesan melalui Whatsapp ke 08980306980 atau di situs resmi Bracelet ot HOPE www.gelangharapan.com dan dari tanggal 5-25 Februari 2018, Gelang Harapan Kanker Serviks dapat diperoleh di pop-up booth Senayan City level 1.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir juga Syifa Hadju dan Hannah Al Rasyid yang merupakan Duta Cegah Kanker Serviks yang baru bergabung sejak Desember 2017 untuk memberikan dukungannya terhadap edukasi pencegahan kanker serviks di Indonesia. Dalam memberikan dukungannya, Syifa dan Hannah juga berkesempatan untuk mendapatkan vaksinasi HPV yang langsung diberikan oleh YKI DKI untuk menunjukan pencegahan primer sebagai salah satu solusi terbaik dalam mencegah kanker serviks.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Gelang Harapan #CegahKankerServiks, masyarakat dapat mengunjungi akun Instagram HOPE di @gelangharapan atau website di gelangharapan.com.