Mengapa Kanker Serviks Berbahaya?

Kenali 4 Bahaya Kanker Serviks Pada Wanita

Ladies, sudah melakukan vaksinasi HPV? Jangan abaikan vaksinasin yang satu ini, ya. Sebab, vaksinasi tersebut sangat membantu mencegah terjadinya kanker serviks. Seperti yang Anda ketahui, penyakit ini sangat membahayakan jiwa.

Mengapa?

Agar lebih jelasnya, silakan simak informasinya di bawah ini:

1. Kanker serviks tidak menampakkan gejala

Penyakit ini berbahaya karena datangnya diam-diam dan tidak menampakkan gejala. Ketika seseorang mengalami kanker serviks stadium awal, orang tersebut tidak merasakan apa-apa. Tidak ada rasa sakit, juga tidak ada tanda lain yang membuatnya menyadari tengah terjadi sesuatu yang tidak beres di dalam tubuhnya. Karena tidak terdeteksi inilah yang membuat penyakit ini berbahaya. Penderita baru akan merasakan sesuatu yang berbeda, ketika penyakit sudah dalam kondisi stadium yang lebih parah. Sayangnya di stadium yang lebih parah ini pengobatan pun sudah lebih sulit.

2. Dapat menyebar ke organ tubuh lain

Salah satu sifat sel kanker adalah dapat bermetastasis atau berkembang dan menyebar ke organ tubuh yang lain. Ketika sudah menyebar, semakin banyak sel kanker yang harus dibuang dan semakin banyak bagian tubuh yang harus diobati. Itu juga berarti bahwa semakin banyak organ tubuh yang akan terganggu fungsinya. Keluhan pada penderita pun akan bertambah.

3. Pada stadium lanjut, sudah semakin sulit diobati

Kanker disebut silent killer karena datangnya diamdiam tanpa gejala, dan baru menampakkan gejala pada stadium lanjut. Ketika sudah pada tahap ini, sel kanker akan semakin sulit dibasmi. Sel kanker sudah tumbuh lebih banyak, kuat, dan mengganggu organ-organ tubuh di sekitar serviks. Tentu saja hal ini sangat membahayakan.

4. Menyebabkan kematian

Sel kanker dikatakan sudah berada pada stadium lanjut adalah ketika sudah menyebar ke organ tubuh lain, atau pertumbuhannya sudah sangat pesat dengan ukuran tertentu. Jika sudah pada kondisi ini, sel kanker benar-benar sulit diobati. Sel-sel abnormal tersebut sangat mengganggu kerja organ tubuh, sehingga organ penderita tidak dapat berfungsi dengan normal. Hal ini dapat menyebabkan kematian.

Ladies, jangan ambil resiko. Jangan sampai sel kanker berkuasa pada tubuh Anda. Karenanya, segera lakukan vaksinasi HPV sebagai salah satu langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks.

 

Sumber:

  • Web MD, 2018. Laura. J. Martin. Carvical Cancer.
  • Emedicine Health, 2017. Melissa Conrad Stoppler. Cervical Cancer.
  • Cancer.org, 2016. If You Have Cervical Cancer.
  • Cancer.org, 2017. What Are the Risk Factors for Cervical Cancer.



Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!