Apakah Kanker Serviks Dapat Menular?

Apakah Kanker Serviks Dapat Menular?

Punya teman atau kerabat yang mengalami kanker serviks dan Ladies khawatir untuk berdekatan? Jangan khawatir. Semua jenis kanker, termasuk kanker serviks, tidak dapat menular.

Kanker serviks tidak bisa menular seperti flu yang dapat menyebar melalui bersentuhan, berciuman, ataupun berhubungan seksual. Jika kanker, termasuk kanker serviks bisa menular, tentu sudah dari dulu dunia mengalami wabah ini.

Virus HPV Bisa Menular, Tetapi Tidak dengan Kanker Serviks

Mungkin fakta ini bisa jadi membingungkan. Sebagian orang mengira bahwa kanker serviks dapat menular melalui infeksi virus yang menyebar melalui hubungan seksual. 

Virus HPV, yang beberapa di antaranya menyebabkan kanker serviks, memang dapat menular. Tetapi kanker serviks sendiri tidak menular. Faktanya, HPV sendiri termasuk penyakit menular seksual dan sangat sering dialami orang yang aktif secara seksual. Kutil kelamin akibat HPV, misalnya, dapat menular melalui hubungan seksual. Tetapi umumnya, infeksi HPV bahkan dapat hilang dengan sendirinya dan hanya beberapa jenis HPV yang berhubungan dengan kanker serviks.

Mereka yang terinfeksi virus HPV dapat lebih berisiko mengalami kanker serviks. Namun bukan berarti mereka akan langsung mengalami kanker. Sel kanker dalam tubuh seseorang tidak dapat hidup dalam tubuh orang lain yang sehat. Sistem kekebalan tubuh akan mengenali sel ini dan menghancurkannya. Tetapi, khusus untuk HPV, studi menunjukkan tubuh kita tidak akan menghasilkan antibodi yang cukup tinggi untuk mencegah re-infeksi (terinfeksi kembali). Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan vaksinasi HPV.

Ada yang Lebih Berisiko

Jika seorang ibu hamil mengalami infeksi HPV saat persalinan, ada risiko kecil infeksi dapat menular pada anak. Tetapi kalaupun ini terjadi, biasanya infeksi akan hilang dengan sendirinya.

Dan meski ada beberapa jenis kanker yang dapat menyebar melalui plasenta, tetapi umumnya kanker tidak berpengaruh pada janin.

Lalu mengapa sesama anggota keluarga lebih berisiko mengalami kanker? Karena anggota keluarga ini berbagi gen-gen yang sama, atau mungkin juga terpapar penyebab kanker yang sama.

Akan tetapi, sayangnya, ada kelompok orang yang bisa lebih berisiko mengalami kanker. Orang yang mengalami HIV lebih berisiko mengalami beberapa jenis kanker akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu, parasit tertentu dalam tubuh seseorang juga meningkatkan risiko kanker.

Nah, karena kanker, termasuk kanker serviks tidak akan menular, jadi jangan khawatir untuk berdekatan dan menemani orang yang sedang mengalami kanker serviks ya. Mereka justru paling butuh ditemani dan dipeluk agar kuat menerima sakitnya dan menjalani terapi.

Sebagai langkah pencegahan untuk diri sendiri, jangan lupa ya Ladies, untuk memeriksakan diri secara teratur dengan pap smear, dan mendapatkan vaksin HPV.

Review by : 

dr. Marcilia R. Aryadi
Medical Affairs Department (Vaccines)

REFERENSI

American Cancer Society. Is Cancer Contagious? Cancer is not contagious.

Fayed, Lisa. Verywell Health (2018). Understanding If Cancer is Contagious.

Stöppler, Melissa Conrad. Medicinenet. Is HPV Infection Contagious?

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!