Apakah Kanker Serviks juga Berhubungan dengan Kanker Payudara?

Apakah Kanker Serviks juga Berhubungan dengan Kanker Payudara?

Kanker payudara dan kanker serviks adalah dua jenis kanker berbahaya yang terkadang dikira dapat saling berhubungan. Benarkah virus HPV penyebab kanker serviks juga bisa menyebabkan kanker payudara?

Beberapa penelitian menemukan adanya DNA HPV yang berisiko tinggi dan protein pada beberapa sampel jaringan kanker payudara, baik yang ganas maupun jinak. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi apakah HPV yang menyebabkan kanker serviks juga dapat menyebabkan kanker payudara.

Penyebabnya Berbeda

Ladies, penyebab kanker payudara sebenarnya tidak dapat diketahui secara pasti. Selama ini kondisi tersebut bisa disebabkan paduan berbagai faktor seperti hormon, lingkungan, genetis, dan gaya hidup. Sementara HPV dapat menyebabkan kanker jika sistem kekebalan tubuh tidak dapat menghilangkan sel yang terinfeksi dan dapat menyebabkan mutasi penyebab kanker.

Hal yang pasti, saat ini HPV bukanlah faktor risiko untuk timbulnya kanker payudara. Selain lebih sering dialami wanita, kanker payudara lebih berisiko dialami oleh mereka yang mengalami:

  • Obesitas
  • Berusia dewasa ke atas
  • Paparan radiasi
  • Memiliki anak di usia tua
  • Tidak memiliki anak
  • Mengalami menstruasi di usia dini
  • Mulai memasuki menopause
  • Mengonsumsi minuman keras
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara

Sementara itu orang yang paling berisiko terinfeksi HPV adalah yang aktif secara seksual.

Deteksi Dini Masing-masing

Kanker payudara umumnya tidak dapat dicegah, sementara kanker serviks dapat dicegah jika sel prakanker terdeteksi dini. Kemungkinan kanker payudara hanya dapat dirasakan jika sudah muncul gejala seperti benjolan atau perubahan bentuk pada payudara.

Ladies dapat mendeteksi kemungkinan ada tidaknya sel abnormal pada leher rahim dengan pap smear secara teratur. Sedangkan ketidaknormalan pada payudara dapat dideteksi dengan memeriksa payudara sendiri dan mammogram.

Selain itu, risiko kanker serviks dapat dicegah antara lain dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual, menggunakan kondom saat berhubungan seksual, serta melindungi diri dengan mendapatkan vaksin HPV.

Yuk, Ladies, lindungi diri dari risiko kanker serviks dan kanker payudara.

Review by : 

dr. Marcilia R. Aryadi
Medical Affairs Department (Vaccines)

REFERENSI

  • Malhone, C., et al. (2018). Is Human Papilloma Virus Associated with Breast Cancer? A Review of the Molecular Evidence. Acta Cytologica (62), pp.166–177.
  • Purdie, J. Healthline (2018). Can Human Papillomavirus (HPV) Cause Breast Cancer?

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!