6 Cara Utama Menjaga Kesehatan Serviks

6 Cara Utama Menjaga Kesehatan Serviks

Dengan menjaga kesehatan leher rahim, Ladies dapat mengurangi kemungkinan risiko kanker serviks dan penyakit lain.

Kanker serviks adalah satu-satunya jenis kanker yang dapat dideteksi lebih dini dan dapat dicegah sebelum menjadi berbahaya. Risiko kanker dan penyakit lainnya juga dapat dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat.

Yuk simak beberapa hal penting berkaitan dengan kesehatan serviks ini.

Pap Smear

Pap smear sebaiknya dilakukan terutama setelah wanita mencapai usia 21 tahun atau aktif secara seksual. Dengan melakukan pap smear teratur, sel-sel abnormal dapat lebih cepat terdeteksi, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih dini. Hal yang utama, tes ini penting untuk mendeteksi kemungkinan adanya sel prakanker.

Vaksin HPV

Dapatkan vaksin HPV untuk membantu melindungi leher rahim dari infeksi HPV. Wanita bisa mendapatkan vaksin ini mulai usia remaja 11-12 tahun hingga dewasa muda.

Hubungan seksual sehat

Dengan hubungan seksual yang sehat, Anda akan terhindar dari penyakit menular seksual, termasuk infeksi HPV. Selain itu, Ladies juga akan terhindar juga dari kehamilan yang tidak diinginkan.

Periksakan jika mengalami gejala tidak normal

Meskipun kanker serviks jarang menimbulkan gejala di masa awal, tapi tetap perlu untuk memeriksakan jika mengalami kondisi tidak normal seperti:

  • Perdarahan atau rasa sakit saat atau setelah berhubungan seksual.
  • Perdarahan tidak normal atau yang terjadi di antara masa menstruasi.
  • Keluarnya cairan vagina yang tidak biasa.

Mengonsumsi makanan kaya buah dan sayur

Makanan yang kaya antioksidan, karotenoid, dan flavonoid yang banyak terkandung dalam buah dan sayur dapat melindungi tubuh dari infeksi HPV.

Tidak merokok

Perokok aktif maupun pasif lebih berisiko mengalami kanker serviks. Ini karena merokok atau terpapar asap rokok dapat membuat sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja secara efektif memerangi HPV.

Nah, Ladies, jangan tunda lagi menerapkan gaya hidup sehat. Dengan menjaga kesehatan serviks sejak dini, setidaknya kita berusaha untuk menghindarkan diri dari bahaya penyakit seksual dan kanker serviks yang mengancam.

REFERENSI

  • Fayed, L. Verywellhealth (2018). How to Have a Healthy Cervix.
  • Vann, M.R. Everydayhealth (2009). Cervical Cancer Prevention and Your Diet.
  • National Cancer Institute. Understanding Cervical Changes: Next Steps After an Abnormal Screening Test.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!