Kebahagiaan Sederhana Ibu adalah Melihat Anaknya Tumbuh Sehat dan Bahagia

Kebahagiaan Sederhana Ibu adalah Melihat Anaknya Tumbuh Sehat dan Bahagia

Siapa sih ibu yang tak ingin melihat anaknya sukses dalam segala hal? Rasanya hampir mustahil ada ibu yang tak ingin melihat kesuksesan pada sang buah hati. Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mulai dari memberikan makanan terbaik, pengasuhan terbaik, pendidikan terbaik dan banyak hal terbaik lainnya yang akan diberikan oleh ibu.  Adalah kebahagiaan tersendiri bagi ibu saat melihat anaknya menjadi orang sukses. Ibarat petani yang bercocok tanam, dia akan merasa gembira saat apa yang ditanamnya berbuah banyak dan baik. Pun demikian orangtua, saat memasuki usia senja, mendampingi anak yang mandiri akan menjadi kenikmatan yang luar biasa.  

Bagaimana agar anak bisa menggapai kesuksesannya?

Proses ini tentu tak lepas dari peran orangtua. Hal dasar yang harus terpenuhi agar anak bisa mengeluarkan potensi terbaiknya adalah dengan memiliki kesehatan yang prima. Anak yang sehat akan memiliki banyak waktu dan peluang untuk mengeksplorasi berbagai hal. Mencoba kegiatan-kegiatan baru yang akan menambah pengalaman dan memperkaya wawasannya. Dengan kesehatan, anak lebih banyak belajar pada hal-hal di sekelilingnya.  Pengasuhan yang baik juga akan mendukung anak tumbuh bahagia. Anak yang dibesarkan dengan kasih sayang akan tumbuh menjadi anak yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupannya. Sebagai orangtua, kita tak bisa selalu mengawasi dan mendampingi anak. Karenanya, anak perlu dididik untuk tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan mandiri agar bisa mengarungi kehidupannya sendiri.

Bagaimana cara agar anak sehat?

Kesehatan anak diupayakan dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Kombinasikan berbagai ragam makanan supaya anak mendapat asupan gizi yang sesuai untuk mendukung pertumbuhannya. Jauhkan anak dari makanan tidak sehat yang mengandung banyak zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.  Jadwal makan rutin bagi anak juga membantu untuk melatih disiplin waktu. Pastikan agar anak selalu menepati jadwal makannya. Kelak, disiplin yang ditanamkan sejak dini akan memberikan manfaat bagi masa depan anak.  Selain memberikan makanan bergizi, ladies juga bisa mengupayakan kesehatan anak dengan pencegahan terhadap penyakit melalui vaksinasi. Ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksinasi. Salah satunya adalah kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV.   HPV telah diketahui sebagai penyebab utama dari kanker serviks. Studi epidemiologi yang menunjukkan adanya hubungan yang konsisten antara HPV dan kanker serviks dipublikasikan pada tahun 1990-an. Jenis HPV risiko tinggi terdeteksi pada 99% kejadian kanker serviks. Sebagian besar infeksi HPV tidak menunjukkan gejala dan tidak menyebabkan penyakit klinis.

Ladies, kebahagiaan menjadi orangtua tak semata dirasakan dengan banyak materi yang dihasilkan anak kita. Melihatnya tumbuh sehat dan bahagia adalah cara sederhana berbahagia menjadi orangtua. Memberikan pencegahan terhadap penyakit menjadi salah satu upaya untuk anak agar tumbuh sehat dan bahagia. 

Oleh: Mifta Novikasari

Referensi:

https://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/hpv.pdf. Diakses pada tanggal 23 November 2018.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!