Kasih Sayang Ibu melalui Vaksinasi HPV untuk Anak

Kasih sayang ibu sepanjang masa. Kalimat tersebut tentu sudah sangat sering kita dengar. Faktanya, kasih ibu memang tak pernah lekang oleh waktu. Ibu telah mencintai anaknya bahkan sejak dalam kandungan, sebelum ia bertatap langsung dengan sang buah hati. Apapun akan diupayakan oleh ibu untuk kebahagiaan anaknya. Mulai dari kasih sayang yang berlimpah, quality time, hingga soal materi.

Saat menjadi ibu, tak jarang ladies akan mengorbankan keinginannya demi memenuhi kebutuhan si kecil. Kalau setelah gajian seringnya pergi berbelanja untuk kebutuhan sendiri, saat memiliki buah hati, prioritas akan berganti untuk kebutuhan si kecil. Barangkali ibu akan menunda kesenangannya untuk membeli tas atau pakaian baru, namun rela mengeluarkan uang untuk membelikan pakaian baru untuk si kecil. Yuk, tunjuk tangan buat ladies yang merasakan hal serupa.

Ibu juga akan belajar banyak hal demi mengupayakan segala yang terbaik untuk sang buah hati. Saat memiliki anak, ibu akan mendadak menjadi “master” dalam banyak bidang. Mulai dari belajar memasak untuk menghidangkan makanan yang bergizi maupun belajar ilmu parenting untuk mengetahui seluk beluk pengasuhan anak. Belajar berbagai jenis masalah kesehatan yang kerapkali diderita anak-anak hingga belajar finansial supaya dapat mengatur ulang pos-pos dana keuangan demi memenuhi kebutuhan si kecil. Adakah ladies yang seperti ini? Saya yakin, banyak.

Seperti yang telah disebutkan di atas, banyak hal yang akan dilakukan ibu demi kebahagian anak. Selain hal-hal di atas, kasih sayang ibu juga bisa diungkapkan dengan memberikan upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit bagi sang buah hati. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vaksinasi lengkap, baik vaksinasi wajib maupun vaksinasi yang dianjurkan. Selalu pantau dan monitor pemberian vaksinasi untuk anak. Jangan sampai ada vaksinasi yang terlewat, demi kesehatan sang buah hati. Pada anak yang berusia 10 tahun, ladies sudah bisa memberikan vaksinasi HPV yang ditujukan sebagai upaya pencegahan terhadap kanker serviks.

Kanker serviks diakibatkan oleh sebuah virus yang disebut Human Papillomavirus (HPV) atau infeksi HPV, dan bisa dicegah dengan pemberian vaksin HPV. Dalam uji klinis dan pembuktian setelah digunakan di dunia nyata, vaksin HPV dinilai sangat aman. Lebih dari 205 juta dosis vaksin sudah terdistribusi di seluruh dunia, sejak disetujui pada tahun 2006 oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat. Vaksin HPV bivalen (melindungi terhadap 2 tipe HPV) diberikan tiga kali dengan jadwal 0, 1, 6 bulan; sedangkan vaksin HPV tetravalent (melindungi terhadap 4 tipe HPV) diberikan dengan jadwal 0, 2, 6 bulan.  Ladies, kasih sayang ibu tak hanya sebatas materi dan perhatian. Mengupayakan kesehatan bagi si kecil menjadi salah satu bagian kasih sayang yang hendaknya tidak dilupakan. Sepakat kan, ladies?

Oleh: Mifta Novikasari

Referensi:

https://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/hpv.pdf. Diakses pada tanggal 23 November 2018

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!