Cek Kanker Serviks Melalui Tes Darah, Bisakah?

Cek Kanker Serviks Melalui Tes Darah, Bisakah?

Ladies, jika sudah melakukan vaksinasi HPV, tentu risiko terkena kanker seviks, akan berkurang. Selain itu, memeriksakan diri melalui pap smear juga bisa mengurangi angka kematian akibat kanker serviks. Sebab, jika memang ada sel kankernya, dapat terdeteksi sedini mungkin.

Banyak orang yang juga bertanya-tanya, bisakah memeriksa ada atau tidaknya kanker serviks melalui tes darah?

Ada 10 jenis kanker yang bisa dicek melalui tes darah, terutama kanker ovarium dan kanker pankreas. Sayangnya, beberapa jenis kanker lainnya, termasuk kanker serviks belum bisa dideteksi menggunakan tes darah. Masih diperlukan beberapa penelitian lebih lanjut untuk bisa melakukan cek kanker ini melalui tes darah.

Bagaimana cara kerja tes darah ini?

Sel kanker akan melepaskan DNA dan molekul lain ke dalam aliran darah. Organ-organ tubuh yang terkena kanker, akan melepaskan zat tersebut ke aliran darah, sehingga ketika dilakukan tes darah, bisa terdeteksi bahwa organ tersebut mengalami kanker.

Cara deteksi dini kanker menggunakan tes darah ini disebut dengan biopsi cair. Biopsi cair ini sangat mudah dilakukan, yaitu hanya seperti tes darah biasa. Jadi, bisa dilakukan di mana saja seperti di klinik kesehatan atau kantor yang mengadakan tes darah untuk seluruh karyawannya. Teknologinya simpel karena tidak memerlukan peralatan laboratorium yang rumit. Biayanya pun tergolong murah.

Biopsi cair merupakan metode baru dalam mendeteksi kanker. Diharapkan suatu saat nanti biopsi cair dapat dijadikan tes yang efektif untuk mendeteksi dini pada semua jenis kanker, termasuk kanker serviks.

Selain kanker serviks, kanker yang tidak bisa dideteksi secara dini menggunakan tes darah adalah kanker lambung, kanker kerongkongan, kanker hati, dan beberapa jenis kanker lain.

Berhubung saat ini kanker serviks belum bisa dideteksi melalui tes darah, langkah terbaik adalah memeriksanya dengan cara pap smear. Jangan lupa, cegah juga penyakit ini dengan melakukan vaksinasi HPV.

 

Sumber:

Medicalnewstoday, 2018. Honor Whiteman. Eight Cancer Could be Diagnosed eith a Single Blood Test.

Foxnews.com, 2018. Mark Waghorn. Blood Test Can Detect Cancer in 10 Minutes, Researcher Claim.

Healthline, 2018. Dan Gray. New Blood Test May Detect Multiple Types of Cancer at Earlier Stages.



Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!