Saat Hasil Skrining Abnormal, Apakah Saya Kena Kanker Serviks?

Angkat jempol bagi para Ladies yang sudah mau memberanikan diri untuk lakukan skrining kanker serviks. Tes ini merupakan upaya pencegahan diri untuk deteksi dini memastikan apakah ada virus HPV (Human Papillomavirus) atau tidak di tubuh anda.

Caranya bisa dilakukan dengan Pap smear, Tes IVA ataupun tes DNA HPV. Nah tapi bagaimana nih kalau hasil skrining anda tadi menunjukkan abnormal? Memang penyebab paling umum yang menunjukkan kelainan pada sel serviks adalah virus HPV.

Nggak usah panik duluan ya Ladies! Karena hasil abnormal itu tidak selalu berarti hidup anda terancam akan kanker serviks lho!. American Congress of Obstetricians and Gynecology menyebut ada lima jenis makna sel abnormal tersebut. Yuk cek satu per satu berikut ini :

Sel Skuamosa Atipikal yang memiliki makna yang tidak pasti

Kondisi ini hampir selalu menandakan bahwa ada infeksi HPV. Namun itu tadi Ladies, tidak selalu berarti ini bersifat kanker.

Lesi Intraepitel skuamosa kelas rendah

Nah kondisi sel abnormal ini memang biasanya disebabkan oleh infeksi HPV. Tapi nggak usah panik ya Ladies, karena biasanya akan sembuh sendiri.

Lesi Intraepitel Skuamosa Tingkat Tinggi

Hasil skrining ini menunjukkan adanya perubahan tingkat tinggi. Artinya Ladies dalam kondisi lebih serius dengan indikasi pertumbuhan sel pada serviks dan mungkin terkait pra-kanker atau kanker.

Sel Skuamosa Atipikal

Kondisi ini dikaitkan dengan peningkatan risiko pra-kanker.

Sel Kelenjar Atipikal terletak di lapisan tipis jaringan di bagian dalam serviks

Nah kondisi ini menunjukkan mereka bisa meningkatkan risiko kanker pre-cancer atau kanker, tapi tidak selalu.

Jadi apa yang perlu Ladies lakukan kalau hasil Pap Smear anda abnormal? Tetap jangan panik ya. Jika demikian kondisinya, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahlinya.  Tim ahli medis anda pasti akan memberikan rekomendasi tindakan pengobatan tepat. Perlu Ladies ingat, dengan tahu kondisi lebih dini maka akan jauh lebih baik. Tetap semangat #CegahKankerServiks ya!.

 

Sumber:

http://nakita.grid.id/read/0221952/duh-hasil-pap-smear-abnormal-jangan-panik-lakukan-langkah-ini-moms?page=all

 

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!