9 Makanan untuk Menyembuhkan dan Mencegah Radang Panggul dan Rahim

Selain membatasi makanan tidak sehat, ada makanan tertentu yang perlu dikonsumsi untuk Membantu Menyembuhkan dan Mencegah Radang Panggul dan Rahim.

Ladies, radang yang terjadi pada panggul dan rahim dapat disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual ataupun bakteri. Infeksi inilah yang menjadi penyebab utama kehamilan ektopik atau di luar rahim dan infertilitas.

Nah, agar dapat segera pulih dari radang panggul dan rahim ataupun mencegah infeksi ini terjadi, ada makanan untuk membantu menyembuhkan yang perlu Anda pastikan ada dalam menu harian Anda. Yuk, simak panduannya di bawah ini.

  1. Makanan kaya kalsium

Tidak hanya susu, Ladies juga bisa mendapatkan kalsium dari kacang seperti almond dan sayuran daun hijau seperti kale dan bayam.

  1. Asam lemak omega 3

Bahan yang banyak terkandung dalam minyak ikan ataupun dalam bentuk kapsul ini dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu asam lemak omega 3 juga dapat ditemukan pada salmon, sarden, haring, forel, dan biji chia.

  1. Makanan kaya zat besi

Dalam makanan, zat besi dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kacang, dan biji-bijian.

  1. Teh hijau

Mengonsumsi teh hijau 250-500 mg per hari dapat mendatangkan efek antioksidan.

  1. Makanan berserat

Serat banyak ditemukan dalam buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

  1. Kurkumin

Kurkumin dan kunyit memiliki manfaat antiperadangan, yang terbukti dapat membantu meredakan endometriosis.

  1. Suplemen probiotik

Suplemen ini berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan. 

  1. Suplemen multivitamin

Jika dirasa belum cukup dari makanan, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan suplemen multivitamin yang mengandung: vitamin A, C, E, B kompleks, antioksidan, dan mineral (seng, magnesium, kalsium, selenium).

  1. Ekstrak biji anggur

Mengonsumsi ekstrak biji anggur, 5-10 tetes, 3 kali sehari ternyata dapat bemanfaat melindungi tubuh dari bakteri dan jamur, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan ini juga terdapat dalam bentuk kapsul. Tetapi Ladies perlu mengonsultasikannya ke dokter dulu karena dapat berinteraksi dengan obat lain yang mungkin sedang dikonsumsi.

Agar lekas pulih, tidak ada salahnya untuk berkonsutasi ke pakar nutrisi atau ke dokter untuk mendapatkan panduan makanan untuk menyembuhkan infeksi rahim

Di samping mengonsumsi makanan sehat di atas, Ladies sebaiknya juga membatasi makanan yang dapat berisiko memperparah infeksi seperti makanan olahan, yang mengandung lemak trans, gluten, kafein, dan daging merah. Dan juga jangan lupa konsumsi 6-8 gelas per hari.

Sebagai langkah pencegahan dan melindungi diri dari infeksi lain bernama HPV, jangan lupa juga periksakan diri secara teratur dengan pap smear serta dapatkan vaksinasi HPV, ya.

SUMBER

  1. Olsen, N. Healhtline (2018). What to Eat and What to Avoid If You Have Endometriosis.
  2. Penn State Hershey, Milton S. Hershey Medical Center (2014).Pelvic inflammatory disease.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!