Ini 4 Alasan Kanker Serviks Menyerang Wanita

Bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dalam hal penyakit kanker, mengurangi risiko juga bagian dalam mencegah penyakit tersebut. Untuk kanker serviks, mendapatkan vaksinasi HPV adalah salah satu cara mengurangi risiko terkena penyakit ini. Mengapa? Sebab, kanker serviks umum terjadi di kalangan perempuan.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kanker serviks umum terjadi di kalangan perempuan. Alasan-alasan tersebut adalah:

  1. Kanker bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh

Kanker bisa terjadi di seluruh tubuh. Kanker adalah sel abnormal yang tumbuh tidak terkendali, sehingga mengganggu sel sehat di sekitarnya. Sel kanker juga bisa menyebar ke bagian tubuh di sekitar awal tumbuhnya kanker. Penyebaran ini juga bisa ke mana saja. Karena dua sifat tersebut, serviks atau leher rahim pun mungkin saja terkena kanker.

  1. Perempuan memiliki organ serviks

Alasan berikutnya, sangat sederhana. Kanker serviks umum terjadi karena perempuan memiliki organ ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, organ apa pun yang ada pada tubuh manusia, bisa saja terkena kanker. Serviks pun menjadi organ yang umum mengalami kanker.

  1. Ada virus yang khusus menyerang serviks

HPV adalah virus yang khusus menyerang serviks. Virus ini ada yang sudah lama berdiam di tubuh. Ketika tubuh mengalami penurunan daya tahan, HPV bisa menyerang. Awalnya memang tidak langsung menjadi kanker, tapi jika didiamkan atau Anda tidak menyadari sudah terserang HPV, virus ini akan menyebabkan kanker. Ada lebih dari 100 jenis HPV dan 13 di antaranya adalah penyebab kanker serviks. Adanya virus yang khusus menyerang serviks menjadikan kanker serviks sebagai penyakit yang umum terjadi pada perempuan.

  1. Adanya kelompok yang berisiko

Kanker serviks biasanya menyerang perempuan yang sudah melakukan hubungan seks di usia yang terlalu muda. Perempuan-perempuan ini masuk ke dalam kelompok yang berisiko mengalami kanker seviks. Kelompok berisiko lainnya adalah perempuan yang melakukan seks bebas atau berisiko, atau perempuan yang pasangannya melakukan seks bebas atau berisiko. Tetapi, perlu diingat bahwa semua wanita tetap berisiko terinfeksi HPV seumur hidupnya dan karena itu beresiko pula untuk terkena kanker serviks.

Melihat kenyataan bahwa kanker serviks umum terjadi pada perempuan, sebaiknya Anda jangan bersikap masa bodoh ya, Ladies. Lakukanlah pencegahan, setidaknya, melakukan vaksinasi HPV.

Oleh Nunik Utami

Referensi:

  1. Who.int. Cervical Cancer.
  2. Sharecare.com. How Common is Cervical Cancer?
  3. Afro.who.int. Cervical Cancer Common Amongst African Woman

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!