Laki-Laki Juga Harus Waspadai Virus HPV

Mendengar kata ‘HPV’, kita langsung menghubungkannya dengan kanker serviks. Betul bahwa virus ini yang menyebabkan kanker pembunuh nomor dua perempuan di Indonesia itu. Namun ternyata, virus ini pun bisa menyebabkan berbagai kanker lain.

HPV (Human Papilloma Virus) utamanya ditularkan melalui kontak kulit (skin to skin contact). “Terutama melalui hubungan seksual, sekitar 85%,” ungkap dr. Kristoforus Djaya, Sp.PD dari In Harmoni Clinic, dalam sebuah kesempatan. Sisanya 15% melalui kontak tidak langsung, misalnya kuku yang terkontaminasi HPV, atau transmisi vertikal dari ibu ke anak. (Baca: Kenali HPV, Kanker Serviks, Penyebab dan Pencegahannya)

Mengingat sebagian besar infeksi HPV ditularkan melalui hubungan seksual, maka begitu virus ini sudah ‘mampir’ di organ genital, segala aktivitas seksual pun menjadi berisiko. Tidak hanya kanker serviks yang mengintai, tapi juga kanker pada berbagai organ lain yang terlibat dalam aktivitas seksual. Dan ini tidak mengenal gender. 

“Pada laki-laki, HPV bisa menyebabkan kanker anus dan kanker penis,” ujar Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K), dalam kesempatan berbeda. Adapun pada perempuan, organ kewanitaan lain juga bisa terjangkit kanker akibat virus berbahaya ini. Misalnya kanker vagina dan vulva. Baik pada laki-laki maupun perempuan, juga bisa terjadi kanker mulut, lidah, orofaring, tenggorokan, hingga dubur, akibat infeksi HPV. (Baca: Apakah Keputihan yang Berlebihan Merupakan Gejala Kanker Serviks?)

Gawatnya lagi, belum lama ini ada temuan yang mencengangkan. “Sewaktu kongres di Portugal, Brazil melaporkan adanya kanker payudara yang disebabkan oleh HPV,” ucap Prof. Andri. Sebuah ulasan sistematik pada 2016 melaporkan bahwa HPV meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.

Kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang bisa dicegah dengan vaksinasi karena sudah jelas diketahui penyebabnya. Maka, melihat begitu banyaknya kanker yang bisa disebabkan oleh infeksi HPV, penelitian telah menunjukkan vaksin HPV juga bisa mencegah beberapa kanker lain seperti kanker anus, vulva, dan vagina. (Baca: Masih Perawan, Bisakah Tertular Virus Kanker Serviks?)

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!