Mari Lanjutkan Perjuangan Kartini, Lindungi Diri dari Kanker Serviks

Tahukah kamu, tiap jam, seorang perempuan Indonesia meninggal akibat kanker serviks. Ada lebih dari 9.000 keluarga yang harus kehilangan ibu, istri, atau anak perempuan akibat kanker pembunuh nomor dua perempuan di Indonesia ini.

Kenyataan ini adalah Ironi. Dulu, Kartini dan banyak perempuan hebat lain berjuang keras untuk kesetaraan perempuan Indonesia. Namun di saat perempuan Indonesia sudah memiliki hak dan kesempatan yang relatif setara dengan laki-laki, kematian akibat kanker serviks masih membayangi. Bukan lagi kekangan yang menghambat perempuan, melainkan penyakit yang sebenarnya bisa dicegah.

Lokasi Vaksinasi Klik di sini.

Dengan kebebasan yang kita miliki sebagai perempuan modern yang mandiri dan dinamis, kita sepenuhnya memegang kendali atas kesehatan diri sendiri maupun keluarga, khususnya anak perempuan kita. Ya, kita bisa mencegah kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini. Betapa beruntungnya kita hidup di zaman ini. Zaman Kartini dulu, jangankan vaksinasi HPV; cara deteksi dini pun belum ada.

Baca Juga : Waspada! Ini 5 Bahaya Akibat Virus HPV

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Palilloma Virus) tipe onkogenik, utamanya tipe 16 dan 18. Butuh hingga belasan tahun sebelum infeksi HPV bisa menimbulkan kanker, sehingga sebenarnya, kita punya banyak kesempatan untuk mendeteksinya sejak awal. Caranya? Dengan pap smear atau IVA (inspeksi visual asam asetat). Dan kini sudah ada vaksin HPV kuadrivalen, yang melindungi dari HPV tipe 6, 11, 16, dan 18. Tipe 6 dan 11 tidak menyebabkan kanker, tapi sering menyebabkan kutil kelamin.

Menyambut Hari Kartini, KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks) dan Bracelet of HOPE kembali membuka booth Gelang Harapan di atrium lantai 4 Plaza Indonesia, Jakarta, pada 16 - 22 April 2018. Selama kegiatan ini, kamu bisa menanyakan berbagai hal soal kanker serviks, serta berpartisipasi dalam gerakan kanker serviks dengan membeli @gelangharapan. Bracelet of Hope adalah aksi kepedulian yang digagas oleh Wulan Guritno dan dua sahabatnya, sejak 2014.

Baca Juga : Shifa Hadju Peduli Kanker Serviks Sejak Belia

Yuk, lindungi diri dan generasi berikutnya dari kanker serviks sekarang! Kita memiliki kendali atas tubuh dan kesehatan kita sendiri, dan kini sudah ada cara untuk mencegah kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV. Jangan sia-siakan kesempatan yang kita miliki. Mari lanjutkan perjuangan Kartini dengan terus berkarya hingga tua nanti, karena kita sudah terlindungi dari kanker serviks.

Lokasi Vaksinasi Klik di sini.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!