Siapkan Hal-Hal Ini Sebelum Melakukan Vaksinasi Pra-Nikah

4 Persiapan Vaksin Sebelum Menikah Yang Harus Dipenuhi

Oleh Nunik Utami

Anda sudah tahu bahwa vaksinasi HPV, MMR, dan TT adalah beberapa vaksinasi yang sangat disarankan bagi Anda yang akan menikah. Namun, bagaimana persiapan sebelum melakukan vaksinasi pra-nikah? Apa saja yang perlu disiapkan?

Sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk melakukan vaksinasi pra nikah. Anda hanya perlu mencari informasi tempat yang melayani imunisasi tersebut. Anda bisa mendatangi pusat layanan kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau rumah sakit, untuk mendapatkan informasi. Tanyakan jadwal pemberian vaksinasi tertentu. Sebab, tidak semua tempat layanan kesehatan memberikan layanan vaksinasi pra nikah setiap hari.

Meskipun baru datang untuk menanyakan jadwal dan lain-lain, sebaiknya Anda sudah siap untuk vaksinasi. Terutama jika ternyata jadwal vaksinasinya hanya ada pada hari itu. Tujuannya agar Anda tidak bolak-balik, sehingga bisa menghemat waktu. Apalagi kalau lokasi layanan kesehatan ini jauh dari tempat tinggal.

Jangan lupa, cari tahu jenis-jenis vaksinasi yang akan Anda lakukan, jauh hari sebelum Anda datang ke tempat layanan kesehatan. Jadi, begitu datang, Anda bisa berkonsultasi, jenis vaksinasi mana saja yang boleh dilakukan bersamaan. Jika ini bisa dilakukan, lagi-lagi Anda akan menghemat waktu, tenaga dan biaya transportasi.

Perlu Anda ketahui, selain vaksinasi pra nikah, ada beberapa tes lain yang disarankan untuk dilakukan, yaitu:

  • Pemeriksaan fisik untuk memeriksa penyakit jantung, hipertensi, diabetes.
  • Pemeriksaan darah untuk mengetahui golongan darah dan faktor Rhesus (Rh).
  • Tes genetik untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko memiliki keturunan dengan kelainan genetik.
  • Riwayat medis, untuk mengetahui kondisi masing-masing. Hal ini sebaiknya dilakukan oleh Anda dan pasangan.

Tes-tes di atas juga disarankan untuk Anda lakukan sebelum menikah. Seperti halnya vaksinasi, tidak ada persiapan khusus untuk melakukan tes-tes tersebut.

Menikah memang salah satu momen yang indah dalam hidup. Namun, di antara perasaan bahagia tersebut, jangan lupa memerhatikan kesehatan tubuh, terutama melakukan vaksinasi, salah satunya adalah vaksinasi HPV, demi kesehatan hingga setelah menikah nanti.

Referensi:

  • Thehealthsite.com (2018). Forget Horoscopes, Here are The Tests You Really Need to Take Before Marriage!
  • Verywellhealth.com (2017). Tips for Staying Healthy for Brides: Health Recommendations for the Bride-to-Be.
  • Healthnetpulse.com (2014). Good to Know: Premarital Medical Checklist.

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!