Ini Risikonya Jika Masih Menganggap Vaksinasi Pra nikah adalah Hal Tabu

3 Bahaya Jika Tidak Vaksin HPV Sebelum Menikah

Vaksinasi HPV benar-benar tidak bisa diabaikan, Ladies. Vaksin HPV adalah vaksin yang mencegah penyakit kanker serviks. Selain vaksin ini, ada beberapa vaksin lain sebaiknya dilakukan, ketika Anda akan menikah.

Sebuah data statistik yang disampaikan oleh dr. Kristof, dokter dari Inharmony Clinic, satu dari 10 orang di Indonesia terkena kanker. Jenis kankernya bermacam-macam. Selain kanker serviks, ada Hepatitis B. Penyakit yang satu ini juga dapat menyebabkan kanker hati.

Selama ini banyak orang yang masih menganggap bahwa melakukan vaksinasi pra nikah adalah hal yang tabu. Padahal, ketika akan menikah, calon mempelai pria dan wanita sama-sama berhak mendapatkan perlindungan kesehatan.

Perlu Anda ketahui, Ladies, masih menurut dr. Kristof, dan tentunya berdasarkan statistik, kemungkinan pria terkena virus Hepatitis B adalah 40-50%. Sementara, wanita hanya 15%. Namun, ketika sudah menikah (sudah beraktivitas seksual secara rutin), wanita bisa tertular virus Hepatitis B dari pasangannya.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, wanita pun menjadi rentan terkena penyakit terutama yang penularannya melalui aktivitas seksual.

Meningkatnya jumlah penderita kanker menjadi catatan tersendiri. Karenanya, semua pihak agar menyadari bahwa semua harus dimulai dari diri sendiri. Termasuk Anda yang akan melangsungkan pernikahan, Ladies.

Jangan pernah lagi menganggap bahwa melakukan vaksinasi pra nikah adalah hal tabu. Jika hal ini tidak dilakukan, ada risiko-risiko yang mungkin Anda alami, yaitu:

  • Tertular penyakit berbahaya yang virusnya didapat ketika Anda melakukan hubungan seks. Misalnya kanker serviks oleh HPV dan Hepatitis B.
  • Ketika Anda mulai hamil, berisiko janin tertular virus yang sudah ada di dalam tubuh Anda. Virus ini akan aktif menyerang bayi yang ada di dalam rahim. Misalnya, TORCH.
  • Pada saat Anda hamil dan mengalami cacar (varicella), bisa memengaruhi kesehatan dan keselamatan bayi.

Melihat betapa bahayanya penyakit-penyakit tersebut, mulai saat ini masukkan agenda melakukan vaksinasi pra nikah, ke dalam to do list Anda sebelum menikah. Pastikan, vaksinasi HPV, Hepatitis, dan beberapa lainnya, sudah Anda dapatkan beberapa bulan sebelum hari bahagia tersebut.

 

Sumber:

  • Web MD, 2017. Neha Pathak. Do I Need the Hepatitis A and B Vaccines?
  • Web MD. How does Hepatitis B Spread?
  • ProSehat.com. Sebelum Menikah, Ketahui Terlebih Dahulu 5 Jenis Vaksinasi Pranikah.
  • IDTheAsianParent.com.  5 Jenis Vaksin Dewasa yang Penting dan Wajid Diketahui Sebelum Punya Anak.



Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!