Apakah Kanker Serviks Memengaruhi Berat Badan?

Apakah Kanker Serviks Memengaruhi Berat Badan?

Berat badan ideal adalah dambaan setiap perempuan. Maka, ketika berat badan turun, betapa senangnya hati Anda ya, Ladies. Namun, berhati-hatilah! Berat badan yang turun secara drastis, apalagi Anda tidak sedang menjalani diet tertentu, bisa saja disebabkan karena Anda mengalami suatu penyakit. Misalnya, kanker serviks.

Penurunan berat badan secara signifikan adalah salah satu gejala pada orang yang mengalami kanker serviks. Meskipun turun berat badan secara drastis tidak selalu berarti tanda adanya kanker, tapi sebaiknya Anda waspada ketika mengalaminya.

Mengapa penderita kanker bisa mengalami penurunan berat badan dan terkadang penurunannya drastis? Sebab, penderita kanker pada umumnya, termasuk kanker serviks, mengalami kehilangan nafsu makan. Hal ini karena kondisi tubuh yang tidak nyaman dan tidak fit sehingga tidak berselera makan.

Kondisi penderita kanker serviks juga mungkin merasa mual. Perut terasa seperti ditekan, sehingga tidak dapat menampung makanan dengan baik.

Ada juga penderita kanker serviks yang masih berselera makan. Sayangnya, makanan yang dikonsumsi kerap mengandung zat-zat yang justru bisa menjadi makanan enak bagi sel-sel kanker. Akibatnya, sel kanker tumbuh subur, sementara tubuh penderita justru kehilangan berat badan.

Seringkali turunnya berat badan pada penderita kanker serviks juga tanpa alasan yang pasti. Biasanya berat badan akan turun sebanyak 5-10 persen dari berat badan seluruhnya.

Selain itu, ketika penderita kanker serviks sedang melakukan pengobatan, ada kemungkinan juga mengalami anorexia atau cachexia. Anorexia adalah kondisi di mana pikiran terus menerus merasa gemuk padahal tubuh sudah sangat kurus. Pengobatan kanker lah yang menyebabkan hal ini, sehingga penderita tidak merasa lapar atau mual, sehingga tidak ingin makan. Sementara, cachexia adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang diperlukan dan terjadi penurunan jaringan otot.

Kanker serviks tidak hanya menyakitkan dan menyebabkan kematian, tetapi juga membuat Anda kehilangan berat tubuh ideal. Karenanya, lebih baik mencegah penyakit ini. Salah satu caranya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV.

 

Sumber:

UnityPoint.org, Live Well. Don’t Ignore These Cervical Cancer Warning Signs.

Health24.com, 2018. 7 Cervical Cancer Symptoms You Should Absolutely Ignore.

Everyday Health, 2009. Krisha McCoy. Preventing Weight Loss During Cervical Cancer Treatment.

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!