Kanker Serviks Mengancam Kiprah Perempuan Indonesia

Di era milenial, banyak perempuan Indonesia yang semakin mandiri dan dinamis dalam menjalankan berbagai peran, bahkan mampu bersaing dengan kaum lelaki.

Hal itu tidak terlepas dari pengakuan akan emansipasi, yang membuat tak ada lagi hambatan bagi kaum perempuan Indonesia, untuk memiliki kesetaraan hak dalam berkarya di berbagai bidang, seperti kaum lelaki.

Baca Juga : Apakah Vaksin HPV Bagi Anak-Anak Terbukti Aman?

Lokasi Vaksinasi Klik di sini.

Sayangnya, ada ancaman yang diam-diam mengintai bahkan dapat menghentikan kiprah perempuan Indonesia dalam berkarya. Ancaman tersebut adalah penyakit kanker serviks yang disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV).

Saat ini, kanker serviks menempati peringkat kedua penyakit kanker yang menjadi penyebab kematian terbesar bagi kaum perempuan Indonesia. Setiap tahun, ada lebih dari 9.000 keluarga yang harus kehilangan ibu, istri atau anak perempuan, karena menderita kanker serviks. Bahkan dalam setiap jam, ada satu keluarga Indonesia yang harus kehilangan ibu. 

Baca Juga : Waspada! Ini 5 Bahaya Akibat Virus HPV

Hal inilah yang mendorong Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KIKCS) menggelar talkshow "Cegah Kanker Serviks untuk Perempuan Indonesia Berkarya", di Lantai 4 Plaza Indonesia, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini pada 21 April 2018, pukul 11.00 WIB.

Talkshow tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari program Bracelet Braiding Workshops yang merupakan hasil kerja sama KICKS dan Gelang Hope. Kegiatan yang dilakukan dalan rangka memperingati Hari Kartini tersebut, berlangsung di lantai 4 Plaza Indonesia mulai 16-22 April 2018. 

Melalui kegiatan tersebut, KICKS dan Gelang Hope memberikan edukasi kepada para pengunjung booth "Bracelet Braiding" mengenai berbagai informasi tentang kanker serviks dan juga menggalang kepedulian untuk mendukung gerakan pencegahan kanker serviks melalui pembelian gelang harapan.

Baca Juga : KICKS dan Bracelet of HOPE Berkolaborasi dengan Senayan City untuk Advokasi Perempuan Indonesia tentang Pencegahan Kanker Serviks

Sejumlah artis ibukota yang mendukung gerakan pencegahan kanker serviks dan menjadi duta KICKS akan berpartisipasi dalam acara Bracelet Braiding Workshop dan berbagi pengalaman mereka, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Beberapa artis tersebut diantaranya, Prilly Latuconsina, Sarwendah, Hannah Al Rashid, Bunga Jelitha, Ririn Ekawati, Rini Yulianti, Rianti Cartwright, dan Millane Fernandez.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan mendorong kesadaran kaum perempuan Indonesia akan bahaya kanker serviks. Melalui kegiatan ini, kaum perempuan Indonesia diharapkan memiliki kepedulian untuk menjaga kesehatannya, dengan melakukan tes kanker serviks dan vaksinasi HPV, sehingga terhindar dari ancaman kanker serviks. 

Baca Juga : KICKS Partisipasi Dalam Lokakarya Bank Mandiri Untuk Wujudkan Indonesia “Bebas Kanker”

KICKS ingin melanjutkan perjuangan Kartini dengan mengajak perempuan Indonesia bersatu dan melindungi generasi berikutnya dari bahaya Kanker Serviks.

Lokasi Vaksinasi Klik di sini.