Catat! Inilah Usia Rentan Infeksi HPV

Infeksi virus HPV bisa menimpa siapa saja tanpa memandang usia.  Bahkan di usia remaja, seseorang bisa terkena infeksi HPV. Mengapa virus ini rentan menyerang di usia remaja atau dewasa muda?

Pada masa remaja sejalan dengan masa pertumbuhan, struktur organ serviks sangat rentan terhadap lebih rentan terhadap infeksi HPV. Struktur lapisan terluar dinding serviks yang belum matang. (Baca: Masih Perawan, Bisakah Tertular Virus Kanker Serviks?)

Rentannya struktur organ pada remaja dan aktivitas seksual di usia dini menjadikan salah satu penyebab penularan virus HPV. Adanya hubungan seksual yang dilakukan terlalu dini memungkinkan serviks atau Rahim sebagai tempat masuknya virus.

Berdasarkan data GLOBOCAN, Indonesia berada di posisi tertinggi di negara di Asia Pasifik untuk jumlah kematian dan kejadian kasus kanker serviks pada tahun 2012. Angka ini terus meningkat, jika dibandingkan dengan data tahun 2018.

Cara Penyebaran

Sebagian beranggapan penularan HPV melalui hubungan seksual. Anggapan ini tidak benar sepenuhnya. Virus HPV ternyata dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit atau skin to skin contact. seperti manual-genital, oral-genital, genital-finger, finger konjungtiva mata.

Bahkan, penularan HPV bisa melalui jalur ekstragenital, yakni melalui penggunaan alat kesehatan yang tidak steril seperti sarung tangan medis. Bagaimana pencegahan yang efektif? (Baca: Apakah Vaksin HPV Bagi Anak-Anak Terbukti Aman?)

Pencegahan Infeksi HPV

Salah satu pencegahan kanker serviks adalah melalui deteksi secara dini dengan melakukan tes Pap. Tes Pap atau Pap Smear – merupakan uji ginekologi, yang membantu mendeteksi sel abnormal pada lapisan serviks sebelum mereka memiliki kesempatan menjadi prakanker serviks dan selanjutnya berkembang menjadi kanker.

Tindakan yang juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah melalui vaksinasi HPV. Vaksinasi HPV membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV, sehingga virus yang masuk akan mati dan tidak sampai menimbulkan kanker serviks.

Lokasi Vaksin Klik di sini