Apakah Kanker Serviks Termasuk Penyakit Yang Menyerang Wanita Menopause?

Ladies, selain vaksinasi HPV, cara mencegah kanker serviks adalah dengan melakukan pap smear secara teratur, yaitu tiga tahun sekali. Perempuan yang wajib melakukan tes ini adalah perempuan dengan usia 21-65 tahun atau yang sudah aktif secara seksual. Sebab, virus HPV dapat ditularkan, salah satunya dengan cara berhubungan intim.

Risiko terjadinya kanker serviks tidak ada hubungannya dengan kondisi sudah menopause atau belum ya, Ladies. Itu berarti, wanita yang sudah menopause tetapi masih aktif secara seksual, masih mungkin terpapar virus HPV dan terkena kanker seviks.

Pada dasarnya menopause tidak menyebabkan kanker. Namun, risiko kanker meningkat seiring bertambahnya usia dan menopause terjadi pada perempuan berusia matang. Karenanya, banyak orang salah mengira bahwa menopause lah yang menyebabkan kanker.

Selain itu, virus HPV juga seringkali tidak menyerang secara langsung. Virus ini bisa berada di dalam tubuh dan berdiam selama beberapa hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Virus akan menyerang ketika kondisi sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Pada perempuan usia 50 tahun ke atas, baik sudah atau belum menopause, kemungkinan sistem kekebalan tubuhnya mulai lemah. Saat inilah mungkin saja virus HPV yang selama ini ada di dalam tubuh, menjadi aktif menyerang.

Jadi, risiko terkena kanker serviks justru meningkat ketika perempuan sudah memasuki masa menopause. Risiko ini juga bukan hanya meningkat pada kanker serviks, tetapi juga kanker pada anggota tubuh lain yang berhubungan, seperti vagina dan dubur. Sekali lagi, hal ini disebabkan karena usia yang sudah bertambah, dan bukan karena menopause-nya ya, Ladies.

Melihat fakta ini, perempuan usia 40 ke atas atau yang sudah menopause, tetap perlu melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. Caranya yaitu dengan melakukan pap smear secara teratur, vaksinasi HPV, menjaga pola makan yang baik, dan menghindari aktivitas seksual yang berisiko.

Sumber:

  • Mayo Clinic (2017). Cervical Cancer.
  • org (2018). HPV and Menopause: What Women of The Sexual Revolution Need to Know.
  • org (2015). How Does Menopause Affect Cancer Risk?
  • detik.com (2014). Sudah Menopause Tetap Dianjurkan tes Pap Smear.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!