Bagaimana Virus HPV Dapat Menginfeksi Leher Rahim?

Ladies, vaksin HPV berfungsi mencegah virus HPV menginfeksi rahim perempuan. Jadi, melakukan pencegahan jauh lebih penting sebelum terlambat. Terlepas dari hal itu, sebenarnya bagaimana sih, virus tersebut dapat menginfeksi rahim?

Ketika tubuh perempuan terinfeksi virus HPV, ada dua hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, virus tersebut memang baru saja “datang”. Ini terjadi ketika tubuh Anda terpapar sesuatu yang mengandung virus HPV kemudian virus tersebut masuk ke dalam tubuh. Kedua, virus HPV memang sudah ada di dalam tubuh selama bertahun-tahun. Ketika kekebalan tubuh Anda lemah, barulah virus menyerang.

Cara yang paling utama penularan virus HPV adalah melalui hubungan seks. Pada saat ini virus HPV yang mungkin ada pada pasangan Anda, bisa menulari tubuh Anda. Karenanya, hindari berhubungan seks dengan orang yang berisiko.

Virus HPV bisa masuk ke tubuh Anda melalui mulut (oral seks), vaginal seks, dan anal seks. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV. 30 di antaranya masuk ke dalam tubuh melalui area kewanitaan. Selanjutnya, virus akan menyerang leher rahim dan menyebabkan jaringan sel-sel di daerah tersebut tumbuh secara abnormal.

Selain dapat menyebabkan kanker serviks, virus HPV dapat menyebabkan munculnya kutil kelamin. Yang terakhir ini juga dapat terjadi pada pria. Jenis virus yang menyebabkannya pun berbeda-beda.

Kabar baiknya, virus ini tidak menular melalui kontak dengan peralatan toilet atau saat Anda berada di kolam renang. Juga, tidak menular lewat kontak fisik dengan orang lain, seperti berjabat tangan atau berpelukan.

Jika virus HPV sudah berada di dalam tubuh, dapat menyerang lebih cepat kepada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok, kelebihan berat badan, serta menggunakan alat kontrasepsi oral dalam waktu yang lama. Ada juga perempuan yang lebih mudah terserang virus ini, tetapi ada juga yang tidak. Namun, sampai saat ini belum diketahui penyebab mengapa ada perempuan yang lebih mudah terserang virus tersebut.

Setelah mengetahui cara menginfeksinya, tentu Anda bisa mengetahui cara pencegahannya kan, Ladies? Pada intinya adalah hindari berhubungan seks dengan pria berisiko, tidak berganti-ganti pasangan saat berhubungan seks, dan, yang paling penting, lakukan vaksinasi HPV sebagai tindakan pencegahan.

Reference:

  • Mayo Clinic (2018). HPV infection: How does it cause cervical cancer?
  • My Cleveland Clinic. HPV (Human Papilloma Virus).
  • Webmd (2017). HPV and Cervical Cancer: What's the Link?
  • NHS.UK (2015). What is HPV?

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cervical-cancer/expert-answers/cervical-cancer/faq-20057909

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11901-hpv-human-papilloma-virus

https://www.webmd.com/sexual-conditions/hpv-genital-warts/cervical-cancer-hpv-what-women-girls-should-know#1

https://www.nhs.uk/common-health-questions/sexual-health/what-is-hpv/

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!