Didiagnosis Kanker Serviks Stadium 1, Apakah Masih Bisa Sembuh?

Ladies, didiagnosis kanker serviks stadium 1 bukan berarti sudah tidak ada harapan. Pada tahap ini, area kanker masih terbatas sehingga lebih mudah ditangani.

Setelah diagnosis kanker serviks, dokter akan memeriksa seberapa serius dan sejauh mana kanker telah menyebar. Proses yang disebut penentuan stadium kanker ini kemudian akan menentukan jenis perawatan apa yang paling tepat. (Baca: Gejala Kanker Serviks dan Pengobatan Kanker Serviks Stadium 1)

Apa Arti Kanker Serviks Stadium 1?

Pada kanker serviks stadium 1, sel kanker berkembang dari permukaan leher rahim ke jaringan yang lebih dalam. Sel ini mungkin juga masuk ke dalam bagian rahim. Tahap ini terbagi ke dalam dua bagian besar:

  • Stadium 1A: ditemukan sejumlah kecil kanker yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Area yang terkena kanker berukuran kurang lebih 3mm dalamnya, dengan lebar kurang lebih 7mm.
  • Stadium 1B: sel kanker dapat dilihat tanpa mikroskop, dengan area kanker lebih dalam dari 5mm dalam jaringan penghubung leher rahim, dengan lebar 7mm. Pada stadium ini, kanker mungkin dapat menyebar atau mungkin juga belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.

Pada stadium 1 ini, dokter dapat mencoba beberapa cara untuk mengangkat kanker, antara lain dengan biopsi atau dengan kombinasi radioterapi dan kemoterapi (kemoradioterapi). Jenis penanganan ini juga ditentukan oleh kondisi kesehatan seseorang secara umum.

Angka Harapan Hidup

Menurut  data American Joint Committee on Cancer (AJCC) yang dipublikasikan pada 2010, angka perkiraan harapan hidup selama 5 tahun pada orang yang mengalami kanker serviks stadium 1A adalah 93%, dan 80% untuk pengidap kanker serviks stadium 1B.

Angka tersebut menunjukkan persentase harapan hidup wanita selama setidaknya 5 tahun setelah kanker didiagnosis. Ini berarti ada 93 dari 100 orang akan bertahan hidup jika kanker didiagnosis pada stadium 1A, dan 80 dari 100 orang dapat hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis. Namun angka ini sangat tergantung pada kondisi kesehatan tiap orang.

Jadi, jangan menyerah ya setelah didiagnosis kanker serviks stadium 1.

SUMBER:

  • American Cancer Society (2017). Cervical Cancer Stages.
  • American Cancer Society (2017). Survival Rates for Cervical Cancer, by Stage.
  • American Society of Clinical Oncology (2018). Cervical Cancer: Statistics
  • Cancer Research UK (2017). Together we will beat cancer.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!