3 Cara Hidup Sehat Sederhana untuk Kebahagiaan Kini dan Nanti

Cegahkankerserviks.orgTake care of your body. It's the only place you have to live. - Jim Rohn -

Ladies, hidup sehat sebagai slogan tentu seringkali kita dengar. Namun, apakah kita mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari? Ini yang menjadi pertanyaan besar dan tentu saja masing-masing dari kita yang bisa menjawab. Ladies tentu sudah tahu betapa banyak manfaat pola hidup sehat terhadap kesehatan dan kebahagiaan seseorang, diantaranya dengan hidup sehat dapat menghindarkan dari berbagai penyakit.

Jika sudah terkena penyakit, bukan hanya kualitas hidup ladies yang menurun, keluarga juga akan menanggung akibatnya. Ladies tentu tidak mau menjadi beban keluarga maupun orang lain, bukan? Yuk disimak beberapa cara hidup sehat berikut ini ya, ladies.  

  1. Makan sehat

Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervariasi. Satu jenis makanan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan. Untuk itu, kita perlu makan berbagai jenis makanan untuk dapat mencukupi berbagai jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain jenis makanan, perhatikan jumlah yang dimakan. Jangan sampai ladies mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan namun sedikit yang digunakan untuk aktivitas. Hal ini akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang menimbulkan obesitas. Obesitas dapat memicu berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes dan lain-lain.

Terakhir, jangan lupa makan dengan jadwal teratur ya. Jangan sampai kesibukan justru menghambat pola makan sehari-hari. Misalkan, karena alasan sibuk dan tidak sempat, ladies jadi melewatkan sarapan. Padahal sarapan penting untuk memberikan energi dalam memulai aktivitas.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan kesehatan. Rajin berolahraga akan memberikan hidup lebih lama, menurunkan risiko berbagai penyakit, meningkatkan daya ingat dan kemampuan berfikir, mengurangi stress serta meningkatkan kepercayaan diri.

  1. Istirahat Cukup

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa memerlukan sedikitnya tidur selama 7-8 jam per hari untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang baik dan berkualitas membutuhkan durasi yang cukup, kualitas yang baik, waktu yang tepat dan rutin dan minimnya gangguan saat tidur.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, ladies juga dapat melakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi untuk berbagai penyakit tertentu, seperti vaksinasi HPV untuk pencegahan kanker serviks. Semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati sejatinya masih sangat relevan dengan proses ini.

So ladies, yuk kita mulai hidup sehat sekarang juga untuk menuai kebahagiaan kini dan nanti.

 

Referensi:

Whitney, ellie & Rolfes, Sharon. Understanding Nutrition. 12th ed. Wadsworth, Cengage Learning, 2011.

CDC. Physical Activity and Health. https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/pa-health/index.htm. Diakses tanggal 18 Oktober 2018.

WHO. Regional Office for Europe. Benefits of Regular Physical Activity. http://www.euro.who.int/en/health-topics/disease-prevention/nutrition/a-healthy-lifestyle/benefits-of-regular-physical-activity. Diakses tanggal 18 Oktober 2018.

Watson, NF. Recommended Amount of Sleep for a Healthy Adult: A Joint Consensus Statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society. SLEEP, Vol. 38, No. 6, 2015.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!