Ladies, Yuk Catat Tanggal-Tanggal Penting Untuk Jadwal Vaksinasi

Vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut. Vaksin diibaratkan seperti pelatihan bagi sistem imun tubuh. Mereka mempersiapkan tubuh untuk dapat melawan infeksi ataupun penyakit tanpa terpapar gejala dari penyakit tersebut.  Vaksinasi juga berguna untuk menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) pada suatu populasi. Herd immunity adalah bentuk kekebalan yang terjadi ketika vaksinasi pada sebagian besar populasi (atau kelompok) memberikan perlindungan bagi individu yang belum memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit.

Menurut WHO, vaksinasi menjadi sarana ampuh yang terbukti mampu mengendalikan dan mengeliminasi berbagai penyakit menular yang mengancam jiwa, dan diperkirakan mencegah 2-3 juta kematian setiap tahun. Vaksinasi juga menjadi salah satu investasi kesehatan yang paling efektif, karena:

  • Mudah diakses, bahkan bagi populasi yang sulit dijangkau sekalipun maupun populasi yang rentan.
  • Kelompok sasaran teridentifikasi dengan jelas.
  • Tidak memerlukan perubahan gaya hidup yang signifikan.

 Kebanyakan vaksin dirancang untuk mencegah penyakit dan diberikan kepada orang yang tidak sakit. Untuk membuat vaksin seaman mungkin, Food & Drug Administration (FDA) membutuhkan penelitian dan pengujian yang ekstensif sebelum mengizinkan vaksin dilisensikan untuk penggunaan umum.

Informasi berbagai macam vaksinasi yang wajib dan perlu diberikan untuk anak dapat ladies akses di laman IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) melalui tautan ini (link ke web IDAI http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017). Berdasarkan rekomendasi IDAI tersebut, ladies dapat mencermati berbagai vaksin yang diberikan untuk anak usia 0-18 tahun. Sebelum usia lima tahun, cukup banyak vaksinasi yang perlu diberikan kepada anak seperti polio, BCG, DTP, Hib, PCV, MMR dan lain sebagainya.  

Ada pula vaksinasi yang baru akan diberikan kepada anak mulai usia 9 tahun yaitu vaksin dengue yang diberikan tiga kali dengan interval 0, 6 dan 12 bulan. Serta vaksin HPV yang diberikan mulai usia 10 tahun. Vaksin HPV bivalen diberikan tiga kali dengan jadwal 0, 1, 6 bulan; sedangkan vaksin HPV quadrivalen diberikan dengan jadwal 0, 2, 6 bulan. Vaksin HPV diberikan sebagai upaya pencegahan terhadap virus HPV yang menyebabkan kanker serviks.

So ladies, jangan lupa untuk memberikan sign pada agenda maupun reminder pada smartphone ladies ya, supaya tanggal-tanggal penting untuk vaksinasi tidak terlewat. 

Referensi:

http://www.who.int/topics/immunization/en/. https://www.cdc.gov/vaccines/hcp/conversations/downloads/vacsafe-understand-color-office.pdf

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017

https://www.cdc.gov/careerpaths/scienceambassador/documents/herd-immunity-2013.pdf

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!