Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

 Ladies, berbagai penyakit yang menyerang tubuh seringkali berawal dari akibat lemahnya kondisi daya tahan tubuh. Padahal, sistem kekebalan tubuh berperan dalam menjaga dan mempertahankan kondisi tubuh. Bahkan kita seringkali tidak menyadari bahwa tubuh diserang oleh berbagai zat asing, seperti bakteri, virus, racun maupun protein makanan yang menimbulkan alergi, karena sistem kekebalan tubuh melawan dengan “diam-diam”. Jika sistem kekebalan tubuh gagal menjaga kondisi tubuh, tubuh akan mendadak rentan terhadap setiap agen penyakit yang datang menginfeksi tubuh.

Dari semua sistem tubuh, sistem kekebalan tubuh paling sensitif dalam merespon terjadinya perubahan status gizi. Sistem kekebalan tubuh yang terganggu akan membuka jalan bagi infeksi penyakit untuk menginfeksi tubuh. Kondisi malnutrisi akan memperparah infeksi pada tubuh.

Protein yang cukup akan membentuk antibodi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Cukup vitamin dan mineral juga berperan dalam meningkatkan respon imun. Vitamin dan mineral juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari dalam maupun luar tubuh. Pada akhirnya kekebalan tubuh yang optimal bergantung pada pemberian nutrisi yang optimal.

Zat gizi apa saja sih yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Enam diantaranya bisa ladies simak, berikut ini.

  1. Protein

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa protein berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Makanan yang kaya protein diantaranya adalah telur, ikan, kacang-kacangan, tempe, tahu.

  1. Vitamin A

Kandungan beta karoten dalam vitamin A mengandung antioksidan. Wortel, semangka dan manga merupakan jenis buah yang memiliki kandungan vitamin A tinggi.

  1. Vitamin C

Vitamin C kaya akan antioksidan dan membantu produksi antibodi. Brokoli, jeruk, tomat, stroberi, kiwi dan tomat merupakan jenis buah dan sayur yang kaya akan vitamin C.

  1. Vitamin E

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin E yang menjadi sumber antioksidan.

  1. Zinc

Zinc mendukung kerja protein di dalam tubuh untuk mendukung sistem kekebalan. Tuna, daging dan kepiting adalah beberapa makanan yang mengandung zinc.

  1. Selenium

Selenium berperan sebagai bagian enzim dalam sistem kekebalan tubuh dimana seafood dan daging menjadi sumber makanan yang mengandung selenium.  

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, upaya pencegahan penyakit bisa juga dilakukan dengan pemberian vaksin. Salah satunya adalah vaksinasi HPV yang membantu mencegah terjadinya kanker serviks. Yuk ladies, biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat ya, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari infeksi penyakit.

Referensi:

  • Whitney, ellie & Rolfes, Sharon. Understanding Nutrition. 12th ed. Wadsworth, Cengage Learning, 2011.

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!