Ini 5 Cara Pengobatan Kanker Serviks Stadium Awal

Jangan langsung putus asa, apalagi membayangkan hidup Anda akan segera berakhir, jika Anda divonis menderita kanker serviks stadium awal.

Seperti diketahui, ada empat jenis kanker serviks stadium awal, yakni 1a1, 1a2, 1b1 dan 1b2. Dengan mengetahui stadium kanker serviks, langkah pengobatan yang tepat dapat diberikan, sehingga penderita dapat disembuhkan.

Berikut ini, lima cara pengobatan kanker serviks stadium awal :

  •  Operasi Radical Trachelectomy

Operasi pengangkatan serviks, jaringan sekitar dan bagian atas vagina, namun rahim tetap pada tempatnya, sehingga pasien masih memungkinkan untuk memiliki anak. Karena itu, tindakan bedah ini biasanya menjadi prioritas untuk perempuan yang menderita kanker serviks tahap awal, dan tetap menginginkan untuk memiliki anak.

  • Operasi Histerektomi

Operasi pengangkatan serviks dan rahim, bahkan mungkin juga diperlukan pengangkatan indung telur dan tuba falopi. Tindakan bedah ini, secara langsung menyebabkan penderita tidak bisa mengandung atau memiliki anak. (Lihat5 Faktor Risiko Kanker Serviks yang Bisa Dihindari)

  • Operasi Pelvic Exenteration

Operasi besar dimana serviks, vagina, rahim, kemih, indung telur, tuba falopi dan rectum diangkat. Tindakan bedah ini, umumnya dilakukan pada penderita kanker serviks stadium awal besar (jenis 1b2).

  • Radioterapi Internal

Sebuah implan dipasang dalam tubuh pasien untuk memberi radiasi, khususnya pada bagian tubuh yang terpapar sel kanker, misalnya di leher rahim dan vagina.

  • Radioterapi Eksternal

Radioterapi degan menggunakan mesin yang memancarkan radiasi atau gelombang energi tinggi pada bagian panggul penderita kanker serviks.

Perlu Anda ketahui, operasi biasanya dilakukan untuk mengangkat bagian yang terkena kanker jika selnya belum menyebar atau berada pada stadium awal.

Sedangkan Radiologi adalah cara pengobatan dimana tubuh penderita akan dipaparan dengan radiasi, untuk membunuh sel kanker. Rangkaian radioterapi biasanya berlangsung antara 5-8 minggu.

Bisa dibayangkan bahwa cara pengobatan kanker serviks stadium awal, bukan hal yang mudah. Jadi alangkah lebih baik mencegah daripada mengobati. (Lihat:Kanker Serviks, Pencegahan Primer dan Sekunder)

Untuk itu, sebelum terinfeksi, lakukanlah pencegahan penyakit mematikan ini dengan memeriksakan kesehatan secara berkala dan segera vaksinasi HPV.

Ref :

www.cegahkankerserviks.org,

www.cancerresearchuk.org 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!