Jauhi Risiko Kanker Serviks, Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat

Kanker serviks memang dapat dialami siapa saja. Tetapi dengan gaya hidup sehat Ladies dapat mengurangi risiko mengalami kanker ini.

Salah satu manfaat pola hidup sehat adalah Anda lebih tidak berisiko mengalami penyakit tidak menular seperti kanker. Penelitian menemukan bahwa pola makan sehat dan tidak merokok dapat membantu memerangi infeksi HPV.

Pola Makan Sehat

Yuk mulai biasakan mengonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan gandum utuh yang kaya antioksidan, flavonoid, karotenoid, dan folat. Nutrisi tersebut dipercaya dapat mencegah perubahan sel-sel serviks menjadi bersifat kanker. Dan jika terinfeksi, orang yang terbiasa mengonsumsi makanan sehat ini dapat lebih cepat pulih dibanding yang tidak terbiasa makan sehat. 

Flavonoids banyak terkandung dalam apel, brokoli, aspararagus, kubis, bawang putih, kacang kedelai, bayam. Jangan lupa juga konsumsi makanan kaya folat seperti avokad, sereal, dan roti yang diperkaya folat, kacang-kacangan, buncis, jus jeruk, stroberi. Sementara karotenoid yang adalah sumber vitamin A banyak terdapat dalam ubi jalar, wortel, dan labu. 

Berhenti Merokok, Termasuk Perokok Pasif

Dalam survey ditemukan bahwa sebagian wanita yang mengalami kanker serviks adalah mereka yang merokok setidaknya 10 batang per hari. Ini karena beberapa  jenis HPV dan bahan kimia penyebab kanker ternyata berhubungan erat dengan rokok.

Artinya, orang yang biasa merokok lebih berisiko mengalami kanker, termasuk kanker serviks. Diduga, merokok menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi HPV. Selain itu rokok mengandung karsinogen yang dapat meningkatkan risiko infeksi HPV.

Tidak hanya perokok, orang yang tidak merokok pun juga perlu menjauh dari asap rokok lho. Tiga sampai empat jam per hari menjadi perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko.

Pada umumnya, manfaat pola hidup sehat bisa Ladies dapatkan terutama dengan:

  • Hindari rokok.
  • Konsumsi sayur dan buah kaya nutrisi.
  • Setia pada pasangan.
  • Kenakan kondom saat berhubungan seksual.

Meski membantu mengurangi risiko, tapi pola hidup sehat tidak serta merta pasti dapat mencegah kanker serviks lho. Tetap penting untuk memeriksakan diri dengan pap smear secara teratur dan mendapatkan vaksin HPV untuk melindungi diri dari kanker serviks.

SUMBER

  1. Vann, M.R., Everydayhealth. Cervical Cancer Prevention and Your Diet.
  2. Webmd. Tips to Feel Better During Cervical Cancer Treatment.
  3. Vann, M.R., Everydayhealth. Stop Smoking and Reduce Your Cervical Cancer Risk.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!