5 Alasan Pentingnya Vaksin Kanker Serviks Untuk Anak

Ladies tentu mengetahui pentingnya memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak, seperti penggunaan carseat di mobil, memberikan penutup pintu di tangga rumah dan lain sebagainya. Namun, tahukah ladies bahwa perlindungan terbaik yang dapat diberikan kepada anak adalah dengan memberikan vaksinasi lengkap. Menurut CDC, berikut adalah lima alasan pentingnya, yuk kita simak bersama ladies.

  1. Membantu melindungi kehidupan anak

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, anak-anak bisa mendapatkan perlindungan untuk melawan lebih banyak penyakit dibandingkan masa sebelumnya. Salah satu contoh dampak besar dari vaksin adalah pemberantasan polio di Amerika. Polio pernah menjadi penyakit yang paling ditakuti di Amerika, namun berkat vaksinasi, tidak ada lagi laporan polio di Amerika.(Baca: 3 Gejala Infeksi HPV Pada Bayi dan Anak-anak)

  1. Aman dan Efektif

Semua jenis vaksin hanya boleh diberikan setelah melalui proses review yang panjang dan hati-hati dari ilmuwan, dokter dan tenaga kesehatan profesional. Vaksin akan menimbulkan beberapa ketidaknyamanan namun hal ini tidaklah berarti jika dibandingkan dengan rasa sakit dan trauma terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. (Baca: Apakah Vaksin HPV Bagi Anak-Anak Terbukti Aman?)

  1. Melindungi Orang Lain

Penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin masih sering terjadi. Sayangnya, ada beberapa kelompok yang tidak dapat melakukan vaksinasi seperti bayi yang masih sangat muda maupun orang-orang yang tidak dapat melakukan vaksinasi karena alergi, penyakit, sistem kekebalan tubuh lemah maupun alasan lainnya. Vaksinasi tidak hanya menjaga keluarga, namun juga membantu mencegah penyebaran penyakit.

  1. Menghemat Waktu dan Uang

Sakit tak hanya menghabiskan dana untuk berobat, namun juga mengurangi quality time (waktu berkualitas) bersama keluarga. Jika suatu penyakit dapat dicegah dengan vaksin, maka melakukan vaksinasi adalah keputusan tepat yang dapat menghemat waktu dan uang keluarga. (Baca: Ingin Vaksinasi HPV Tapi Mahal. 6 Langkah Keuangan Ini Bisa Kamu Contek!)

  1. Melindungi Generasi Masa Depan

Vaksin telah menurunkan bahkan menghilangkan banyak penyakit yang menewaskan beberapa generasi sebelumnya. Dengan terus melakukan vaksinasi, orang tua di masa depan mungkin dapat mempercayai bahwa penyakit seperti polio dan campak tidak akan menginfeksi, melumpuhkan, atau membunuh anak-anak. (Baca: Agar Anak Tetap Sehat di Masa Depan, Orangtua Wajib Lakukan 5 Hal Ini)

Nah, ladies sudah tahu kan mengapa vaksinasi penting dilakukan? Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin adalah kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV. Biaya yang dikeluarkan untuk vaksin memang tidak murah, namun manfaat yang diperoleh jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan. Jangan lupa vaksin ya, ladies

 

Referensi:

https://www.cdc.gov/media/subtopic/matte/pdf/CDCFiveReasonstoVaccinateYourChild.pdf. Diakses tanggal 16 Oktober 2018.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!