Salah Satu Gejala Kanker Serviks Adalah Menstruasi Tidak Teratur

Ladies perlu lebih hati-hati jika mengalami menstruasi tidak teratur. Ini karena menstruasi yang tidak normal dapat menjadi salah satu gejala paling umum dari kanker serviks.

Biasanya, di masa awal, kanker serviks memang tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala baru terasa jika kanker telah berkembang ke jaringan terdekat. Salah satu gejala yang paling sering dirasakan adalah menstruasi atau perdarahan yang tidak normal.

Apa itu Menstruasi Tidak Normal?

Umumnya perempuan mengalami haid 4-7 hari, kemudian 21-35 hari kemudian baru mengalami haid lagi. Menstruasi disebut tidak teratur jika:

  • Periode menstruasi terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  • Tidak mengalami 3-4 periode menstruasi berturut-turut.
  • Darah haid lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya.
  • Menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari.
  • Menstruasi disertai rasa sakit, mual dan muntah, ataupun kram.

Nah, Ladies kini dapat memeriksa, apakah menstruasi Anda termasuk normal atau perlu mendapat perhatian khusus.

Promo vaksin hpv 2018

Gejala Kanker Serviks

Selain darah menstruasi, perdarahan tidak normal sebagai gejala kanker serviks bisa terjadi di luar masa menstruasi dan bisa hanya berupa bercak darah. Perdarahan ini bisa terjadi di antara periode menstruasi, setelah berhubungan seksual, ataupun setelah pemeriksaan kemaluan.

Selain pada perempuan muda, perdarahan ini juga bisa terjadi pada perempuan pascamenopause yang sudah tidak mengalami haid. Selain dapat menjadi salah satu gejala kanker serviks, gejala ini juga bisa menjadi tanda penyakit serius lain.

Untuk memastikan apakah menstruasi tidak teratur ini benar merupakan tanda awal kanker serviks, sebaiknya Ladies segera memeriksakannya ke dokter, ya. Di samping itu, jangan lupa bahwa mendapatkan vaksin HPV dan melakukan pap smear secara teratur juga dapat membantu melindungi Anda dari bahaya kanker serviks.

SUMBER:

  • Healthline (2018). Human Papillomavirus (HPV) and Cervical Cancer.
  • Cleveland Clinic. Abnormal Menstruation (Periods).
  • American Cancer Society (2016). Signs and Symptoms of Cervical Cancer.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!