Seberapa Dekat Kita Dengan HPV? Ini 5 Faktor Yang Bikin Kamu Lebih Berisiko Terinfeksi

Ingin tahu seberapa dekat kita dengan Human Papillomavirus (HPV)? Jawabnya adalah sangat dekat. Begitu dekatnya hingga fakta menunjukkan bahwa 4 dari 5 orang (80%) akan terkena virus ini dalam hidup mereka.

Banyak di antara kamu yang mungkin tidak sadar saat virus ini menyerang karena gejalanya memang tak selalu nampak. Kamu bisa menandai kehadirannya dari adanya kutil di beberapa bagian tubuh seperti jari, tangan, mulut, dan alat kelamin (genital). Infeksi virus ini bisa sembuh dengan sendirinya, tapi bisa juga berlangsung lama dan menjadi berbahaya.

Lalu bagaimana menghindarinya? Salah satunya adalah dengan mengenali faktor risiko. Menurut the Mayo Clinic, ada 5 faktor yang bisa bikin kamu terinfeksi HPV.

  1. Jumlah pasangan seksual

Semakin banyak jumlah pasangan seksual, semakin besar risiko terinfeksi HPV genital. Risiko makin tinggi jika pasangan kamu juga memiliki banyak pasangan seksual.

  1. Usia

Infeksi HPV bisa ditandai dari munculnya kutil. Kutil genital banyak dialami di usia remaja dan dewasa. Lakukan cara yang benar dalam menjaga kebersihan genital sejak dini untuk menghindari infeksi HPV. (Baca: Catat! Inilah Usia Rentan Infeksi HPV)

  1. Sistem imunitas

Mereka yang memiliki sistem imunitas yang lemah lebih berisiko terinfeksi HPV. Tingkatkan imunitas dengan menjaga kebersihan, konsumsi diet seimbang, dan berolahraga. (Baca: Lakukan 4 Pola Hidup Sehat Mencegah Kanker Serviks)

  1. Kulit rusak

Area pada kulit dengan luka terbuka lebih mudah terpapar HPV dan cenderung untuk mengembangkan kutil biasa.

  1. Kontak langsung

Menyentuh kutil orang lain atau tidak memakai pelindung sebelum menyentuh bagian yang terpapar HPV -- seperti toilet umum atau kolam renang – bisa meningkatkan risiko infeksi HPV.

Vaksinasi HPV

Metode yang direkomendasi untuk menangkal infeksi HPV adalah melalui vaksinasi. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), vaksin HPV dapat diberikan pada perempuan dan laki-laki mulai usia 11 atau 12 tahun. IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) merekomendasikan pemberian vaksin HPV mulai usia 10 tahun. Vaksin HPV dapat melindungi dari HPV tipe 6 dan 11 (penyebab kutil kelamin) juga tipe 16 dan 18 (penyebab 70% kanker serviks di seluruh dunia).

 

 

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hpv-infection/symptoms-causes/syc-20351596

https://www.express.co.uk/life-style/health/947175/hpv-virus-infection-symptoms-risk-factors