Vaksin HPV – Kado Terbaik untuk Ulang Tahun si Gadis

Menjelang ulang tahun si anak gadis yang beranjak remaja, kita kerap memikirkan pesta ulang tahun yang meriah. Lengkap dengan kue, dekorasi cantik, baju bagus, dan kehadiran teman-temannya. Merayakan ulang tahun anak, sah-sah saja. Namun, ada hadiah yang sesungguhnya jauh lebih penting dan bermanfaat yaitu: vaksin HPV.

Yup, vaksin untuk melindungi perempuan dari kanker serviks ini sudah bisa diberikan sejak usia 9 tahun, bahkan sebelum anak perempuan kita remaja. Malah, hasilnya jauh lebih bagus bila diberikan pada usia 9-13 tahun. Di usia ini, antibodi yang terbentuk dari vaksin HPV sangat tinggi, sehingga perlindungannya optimal, dibandingkan bila diberikan pada usia yang lebih tua.

Jangan percaya dengan isu yang mengatakan bahwa vaksin HPV bisa menyebabkan menopause dini. Hal ini sudah dibantah  oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Koesmedi Priharto, Sp.OT. Isu ini sempat merebak ketika vaksinasi HPV di Jakarta akan dilaksanakan pada 2016.

Ketua HOGI (Himpunan Onkologi dan Ginekologi Indonesia) Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K) pun menyatakan, tidak ada hubungan vaksin HPV dengan menopause dini. Prof. Andri menjelaskan, vaksin HPV tidak mengandung virus HPV, melainkan dibuat dari cangkang virus tiruan, sehingga tidak akan menyebabkan infeksi.

Vaksin HPV bahkan sangat jarang menimbulkan demam, karena bukan termasuk vaksin hidup. Efek samping vaksin yang paling sering hanya nyeri dan/atau bengkak di tempat suntikan.

Di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, vaksin HPV mulai diberikan di sekolah untuk siswi kelas 5 SD/sederajat. Ini langkah yang harus kita apresiasi. Rencananya, program serupa juga akan dijalankan di Makassar dan Manado tahun ini. Kita harapkan, vaksinasi HPV bisa segera menjadi program nasional, sehingga seluruh siswa kelas 5 SD/sederajat di Nusantara bisa terlindungi dari HPV tipe 6, 11, 16 dan 18.

Bila si gadis sudah lewat kelas 5 SD atau Anda tinggal di daerah yang belum tercakup dalam program vaksinasi HPV, maka berikanlah vaksin HPV untuk hadiah ulang tahunnya. Mungkin terasa agak mahal, tapi demi kesehatannya di masa depan, tentulah sangat berarti.

Jangan menunggu hingga ia dewasa; bila diberikan pada usia 9-13 tahun, vaksinasi cukup dua kali saja. Selain lebih hemat, pastinya juga lebih nyaman untuk anak kita. Sedangkan pada usia 14 tahun ke atas, vaksinasi dilakukan tiga kali.

Vaksinasi HPV di usia remaja juga akan memberikan perlindungan sedini mungkin, sebelum anak perempuan kita menikah atau berhubungan seksual. Jadi, tunggu apa lagi? Berikanlah kado terbaik untuk putri tercinta di hari ulang tahunnya.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!