Kenali Manfaat Vaksin HPV Sebagai Cara dalam Mencegah Kanker Serviks

Ladies, sesuai fungsinya, vaksinasi HPV adalah untuk mencegah infeksi human papillomavirus (HPV) ke dalam tubuh. HPV adalah virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kanker serviks hanya salah satunya.   

Sebenarnya, selain mencegah infeksi HPV, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui lebih jauh mengenai manfaat vaksin HPV, yaitu:

Mencegah kanker

Vaksinasi HPV utamanya adalah untuk mencegah kanker. Penelitian membuktikan bahwa di Amerika Serikat, vaksinasi ini dapat mencegah infeksi virus HPV yang menyebabkan kanker. Pencegahan ini tidak tanggung-tanggung karena setiap tahunnya dapat mencegah penyakit kanker pada pria dan wanita sebanyak 90% dari tahun sebelumnya.

Melindungi untuk semua usia

Mungkin Anda belum tahu bahwa virus HPV itu umum terdapat pada tubuh manusia. Virus bisa berasal dari mana saja dan berdiam di dalam tubuh. Jika sebelum virus masuk ke tubuh, Anda sudah melakukan vaksinasi HPV, vaksin ini akan melindungi tubuh dari infeksi virus tersebut. Vaksinasi HPV dapat melindungi kesehatan pada wanita usia berapa pun, umumnya mulai dari usia 11 tahun.

Perlu Anda ketahui, selain menjadi penyebab kanker serviks, virus HPV juga dapat menyebabkan kanker tenggorokan, kanker anus, dan kutil kelamin.(Baca: Perbedaan Kutil Kelamin dengan Kanker Serviks?)

Menurunkan angka kejadian kanker serviks

Penelitian telah membuktikan bahwa program pemberian vaksinasi HPV yang telah dilakukan selama sepuluh tahun terakhir, berhasil menurunkan jumlah penderita kanker serviks dengan signifikan. Di sini terbukti bahwa vaksinasi HPV sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit tersebut.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Dengan melakukan vaksinasi HPV, berarti Anda telah mencegah infeksi penyakit kanker yang disebabkan oleh virus HPV. Bagaimana pun, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati ketika sudah telanjur terkena penyakit kanker. Terlebih, kanker yang sudah dalam kondisi stasium tinggi, pengobatannya akan lebih sulit.

Virus HPV yang masuk ke dalam tubuh kadang-kadang memang hilang sendiri. Namun, tidak ada orang yang tahu kapan virus tersebut akan hilang atau justru menginfeksi tubuh. Karenanya, Anda disarankan untuk melakukan vaksinasi HPV agar mendapatkan manfaat penting dari vaksin ini, yaitu mencegah terjadinya kanker, terutama kanker serviks.

 

Sumber:

CDC.gov (2018). 6 Reason to Get HPV Vaccine to Your Child.

UCHealth.org (2018). Benefits of the HPV Vaccine.

Healthline (2018). What Are the Pros and Cons of the HPV Vaccine?

Hellosehat. Kenapa Semua Wanita dan Anak-Anak Perlu Vaksin HPV?

 

https://www.cdc.gov/hpv/infographics/vacc-six-reasons.html

https://www.uchealth.org/today/2018/05/30/benefits-of-the-hpv-vaccine/

https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases/hpv-vaccine-pros-and-cons#pros

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/kanker-serviks/kenapa-semua-wanita-dan-anak-anak-perlu-vaksin-hpv/

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!