Dampak Penyebaran Kanker Serviks ke Organ Lain

Dampak Penyebaran Kanker Serviks ke Organ Lain

Seperti kanker lain, di stadium akhir, kanker serviks bisa menyebar ke organ lain. Bagaimana penyebarannya dan apa saja yang bisa terjadi?

Kanker yang sudah menyebar ke organ lain disebut juga sebagai kanker sekunder atau kanker metastasis. Metastasis terjadi jika kanker serviks sudah menyebar ke organ lain. Ini bisa terjadi jika sel kanker dari tumor pertamanya menjalar ke bagian tubuh lain melalui sistem peredaran darah atau sistem peredaran getah bening.

Menyebar di Stadium 4B

The American Joint Committee on Cancer (AJCC) membuat tahapan kanker serviks ke dalam tiga stadium yang disebut TNM:

T: mengindikasikan bahwa tumor kanker utama sudah berkembang dalam leher rahim dan apakah telah tumbuh pada jaringan di sekitarnya.

N: kanker menyebar ke kelenjar getah bening dekat leher rahim.

M: kanker telah bermetastasis atau menyebar ke organ atau kelenjar getah bening yang jauh dari leher rahim.

Metastasis umumnya terjadi jika kanker serviks sudah berada di stadium 4B. Di tahap ini, kanker serviks bisa jadi sudah menyebar ke area lain seperti kelenjar getah bening, perut, panggul, hati, paru, tulang, saluran kencing, anus, vagina. Sebelumnya, pada stadium 1B2 hingga 4A, kanker bisa jadi menyebar di jaringan sekitar leher rahim, tapi tidak ke organ lain.

Terkadang penyebaran ini terjadi karena saat pertama didiagnosa, kanker sudah dalam stadium lanjut. Dalam kasus lain, kanker yang sudah pernah tertangani kembali lagi dan menyebar ke organ lain.

Sayangnya, kanker metastasis biasanya tidak bisa disembuhkan. Penanganan yang dillakukan hanya dapat membantu meredakan gejala, mengontrol, dan membuat pasien dapat menikmati hidup beberapa waktu.

Ladies, mengingat berbahayanya kanker serviks yang jika menyebar sudah sulit ditangani, jauh lebih baik untuk mendeteksinya sedini mungkin dengan Pap smear secara teratur. Tak kalah penting, segera dapatkan vaksin HPV yang bisa diakses sejak anak-anak dan remaja muda agar terlindungi dari kanker serviks.

REFERENSI

  1. American Cancer Society. Cervical Cancer. Early Detection, Diagnosis, and Staging. Cervical Cancer Stages.
  2. Cancer Research UK. Cervical cancer. Advanced cervical cancer. About advanced cervical cancer.
  3. Canadian Cancer Society. If cervical cancer spreads.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!