Ingin Vaksinasi HPV Tapi Mahal. 6 Langkah Keuangan Ini Bisa Kamu Contek!

Ingin vaksinasi HPV tapi terkendala pembiayaan? Bukan cuma kamu yang mengalami hal ini. Tapi jangan lantas menjadikan biaya sebagai alasan untuk menunda-nunda. Kanker serviks adalah ancaman nyata bagi setiap perempuan. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?

Nah, Buat kamu yang sadar pentingnya melindungi diri dari kanker serviks, ini 6 langkah yang bakal memudahkan kamu membiayai vaksinasi HPV.

Jadikan Prioritas

Masukkan vaksinasi HPV sebagai prioritas dalam tujuan keuangan jangka pendek kamu. 

Cari Informasi Aktual

Hubungi rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mendapatkan informasi harga vaksin HPV terbaru. Ini untuk memudahkan kamu menetapkan target keuangan yang harus dicapai.

Sebagai ilustrasi, harga vaksin HPV bervariasi tergantung dari vaksin yang digunakan dan fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin. Rata-rata, biaya per kali suntikan vaksin HPV berkisar Rp700 ribu hingga Rp. 1 Juta. Vaksinasi HPV dilakukan sebanyak tiga kali. Nah, kalikan biaya sekali suntikan dengan 3. Menjadi sekitar Rp 2,1 juta hingga Rp 3 juta. (Baca: Ini Lima Sikap Positif Jupe Hadapi Kanker Serviks)

Buat Anggaran Yang Realistis

Tentukan jumlah dan jangka waktu yang realistis sesuai dengan kemampuan kamu untuk mencapai target keuangan.

Misalnya, setiap bulan kamu bisa menyisihkan Rp200 ribu. Bagi total biaya dengan jumlah tersebut. Jadi, Rp 3 juta (asumsi biaya tertinggi) dibagi Rp250 ribu menjadi 12. Ini berarti kamu harus menabung Rp250 ribu selama 12 bulan.

Motivasi

Buat motivasi untuk menyemangati pencapaian tujuan keuangan. Kamu ingin hidup sehat tanpa kanker serviks. Motivasi akan mendorong kamu lebih giat dalam mendapatkan dan mengelola keuangan. (Baca: Seberapa Dekat Kita Dengan HPV? Ini 5 Faktor Yang Bikin Kamu Lebih Berisiko Terinfeksi)

Konsistensi

Biasakan disiplin jika berurusan dengan keuangan agar lebih mudah mencapai tujuan keuangan. Jangan mudah tergoda dan mengalihkan anggaran untuk hal lain.

Lakukan!

Jika dana sudah terkumpul, segera jadwalkan vaksinasi HPV. Jangan tunda atau menggunakannya untuk hal lain.

 

Referensi:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/3528381/ini-kisaran-biaya-vaksin-hpv-penangkal-kanker-serviks-yang-mematikan

https://bettermoneyhabits.bankofamerica.com/en/saving-budgeting/ways-to-save-money

https://smart-money.co/finansial/jurus-jitu-capai-tujuan-keuangan

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!