Ini Lima Sikap Positif Jupe Hadapi Kanker Serviks

Tepat setahun lalu, pergulatan Julia Perez (Jupe) melawan kanker mulut rahim (serviks) yang dideritanya telah berakhir. Artis bertubuh mungil itu, kini telah beristirahat dengan tenang.

Meski demikian, perjuangan Jupe dalam menghadapi kanker serviks seolah menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi sahabat-sahabatnya. 

Hampir semua sahabatnya mengakui, artis yang bernama asli Julia Rachmawati ini, adalah sosok yang kuat dan memiliki sikap positif yang menginspirasi. 

Berikut ini, lima sikap positif Jupe saat menghadapi kanker serviks yang dideritanya : 

  1. Tak Malu Mengakui

Tak banyak orang yang bisa terbuka atau jujur mengakui sakit yang sedang diderita, apalagi bagi seorang publik figur. 

Namun sosok Jupe adalah pengecualian. Dengan tegar, Jupe mengumunkan bahwa dirinya menderita kanker serviks stadium 2A. Hal itu, disampaikan Jupe dalam jumpa pers, pada akhor Oktober 2014, atau sebulan setelah didiagnosa menderita kanker serviks. (Baca: Belajar dari Perjuangan Jupe Menghadapi Kanker Serviks)

  1. Pantang Menyerah 

Didiagnosa menderita penyakit yang mengancam nyawa, terkadang membuat seseorang menjadi khawatir bahkan patah semangat. 

Namun Jupe justru menunjukkan sikap yang pantang menyerah. Selain berkonsultasi ke banyak dokter, Jupe tak ragu menempuh berbagai proses pengobatan yang berbiaya mahal, demi melawan kanker serviks yang dideritanya. Bahkan sehari sebelum meninggal pada 10 Juni 2017, Jupe menjalani operasi perut di RSCM, sebagai bagian dari rangkaian pengobatan kanker serviks stadium IV yang dideritanya. 

  1. Tak Menunjukkan Kesedihan

Setiap manusia pasti tak akan mampu menahan kesedihan, apalagi jika terbafing sakit dan tak bisa lagi beraktivitas seperti biasanya. 

Tapi bagi Jupe, kesedihan seolah tak pernah dinampakkan, bahkan ketika kanker serviks yang dideritanya telah mencapai stadium IV. 

Di hadapan publik, Jupe selalu menebar senyum dan tawa khasnya. Bahkan di beberapa unggahan media sosialnya, Jupe selalu membagi kalimat positif dan menyemangati setiap orang untuk tidak pantang menyerah menghadapi cobaan hidup termasuk sakit-penyakit. (Baca: Mitos dan Fakta seputar HPV dan Kanker Serviks)

  1. Mendorong Artis Cegah Kanker Serviks

Sejak didiagnosa menderita kanker serviks, Jupe tak hanya memfokuskan diri untuk mengobati dirinya, tapi juga berbagi nasehat kepada sahabat-sahabat artis untuk mewaspadai dan mencegah kanker serviks. 

Atas dorongan dan inspirasi dari Jupe lah, beberapa artis tak hanya melakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi HPV, tapi kini juga aktif menjadi duta Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), antara lain Sarwendah, Ruben Onsu, dan Prily Latuconsina.

  1. Dermawan

Menderita sakit biasanya menjadikan seseorang ingin lebih diperhatikan bahkan mendapat bantuan. Namun Jupe justru menunjukkan dikapnya yang dermawan dan memperhatikan kesusahan orang lain. 

Jupe nyaris tak pernah absen dalam kegiatan edukasi mencegah kanker serviks dan kegiatan amal untuk mendukung penderita kanker. Dia bahkan rela membotaki kepalanya, dalam acara amal untuk mengumpulkan sumbangan bagi penderita kanker. 

Sebelum meninggal, Jupe juga menitip pesan kepada sahabatnya, Ruben Onsu, untuk menjadi Duta KICKS menggantikan dirinya, agar dapat mengedukasi masyarakat dan membantu para penderita kanker serviks. 

Semoga kelima sikap positif Jupe ini menjadi inspirasi bagi banyak orang termasuk penderita kanker serviks untuk senantiasa menjadi pejuang yang tidak pantang menyerah dan senantiasa berpikir positif. 

(dari berbagai sumber)

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!