Vaksin Pra-nikah, Jangan Abaikan!

Manfaat Vaksin Sebelum Menikah

Manfaat vaksin sebelum menikah - Banyak orang yang tidak atau belum memikirkan melakukan vaksinasi, ketika akan menikah. Mereka menganggap hal ini belum perlu dilakukan. Padahal, banyak penyakit yang cara penularannya salah satunya adalah melalui hubungan seksual. Salah satunya adalah penularan HPV yang membuat Anda sangat disarankan melakukan vaksinasi HPV.

Mengapa vaksinasi sebelum menikah ini penting? Anda bisa membaca ulasan berikut ini, Ladies!

1. Manfaat Vaksin Sebelum Menikah, Menghindari penyakit

Ini adalah alasan utama Anda sangat disarankan melakukan vaksinasi pra-nikah. Ketika menikah, berarti Anda akan mulai rutin kontak fisik dengan suami, terutama hubungan seksual. Beberapa penyakit ditularkan melalui hubungan seksual. Virus atau bakteri akan berpindah, dari tubuh pria ke tubuh wanita, melalui hubungan badan. Memang tidak selalu terjadi hal demikian. Suami Anda juga belum tentu membawa bibit penyakit. Namun, untuk berjaga-jaga dan mengurangi risiko penularan penyakit, sangat disarankan Anda melakukan vaksinasi pra-nikah.

2. Mengurangi risiko penularan penyakit pada bayi

Menikah juga berarti Anda harus mulai mempersiapkan diri pada kehamilan. Jika sebelum menikah sudah melakukan vaksinasi pra-nikah, berarti sudah mengurangi risiko penularan penyakit pada bayi, ketika Anda hamil nanti. Sebab, ada virus yang sudah berdiam diri di dalam tubuh, bisa aktif jika nanti Anda sudah hamil. Virus ini memang khusus menyerang janin. Melakukan vaksinasi pra-nikah akan mencegah penyerangan virus tersebut terhadap janin.

3. Mengurangi potensi fertilitas

Ladies, penyakit gondongan (mumps) dapat berpotensi menyebabkan fertilitas atau ketidaksuburan. Untuk mencegah penyakit gondongan, Anda bisa mendapatkan vaksin MMR. Tujuannya bukan hanya untuk mencegah datangnya penyakit tersebut, tapi juga mengindari kondisi fertilitas pada tubuh Anda.

Itulah alasan-alasan pentingnya vaksinasi pra-nikah. Vaksin ini memang tidak diwajibkan, tetapi sangat dianjurkan. Karenanya, jika Anda sudah merencanakan naik ke pelaminan, segeralan atur jadwal untuk mendapatkan vaksin pra-nikah. Sebab, hal ini besar manfaatnya bagi kesehatan dan kondisi Anda setelah menikah nanti.

Sebagai informasi tambahan, beberapa vaksinasi yang perlu Anda dapatkan ketika akan menikah adalah vaksinasi HPV, MMR, dan TT.

Referensi:

  • Ruangmuslimah.co – Imunisasi Pra-Nikah, Pentingkah?
  • Viva.co.id (2018). Pentingnya Vaksinasi untuk Calon Pasutri Sebelum Menikah.
  • Vemale.com (2017). Penting! Vaksinasi dan Pre Marital Check Up untuk Calon Pengantin.
  • Imunisasi.com (2014). Pentingkah Vaksinasi Sebelum Menikah?


Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!