Moms, Vaksin HPV Bukan Soal Seks, Ini Soal Pencegahan Kanker Serviks!

Kalau ditanya kenapa masih enggan memberikan vaksin HPV ke anak, banyak orangtua beralasan ragu akan keamanan vaksin yang dianggap masih baru dan bahwa si kecil belum aktif secara seksual. 

Ya, orangtua pasti biasanya khawatir terhadap sesuatu yang baru apalagi untuk diberikan ke anak-anak. Tapi sebenarnya vaksin HPV bukan lagi barang baru. Sudah direkomendasikan oleh WHO sejak tahun 2006 artinya sudah lebih dari 10 tahun loh moms, dan dari penelitian terbukti bahwa vaksin ini aman.

Nah, untuk alasan kedua. Adanya stigma kanker serviks diakibatkan oleh seks bebas bikin orangtua berpikir, kalau anaknya belum aktif secara seksual kenapa perlu vaksin? Atau kalau sudah di vaksin maka anak bisa terjerumus ke seks bebas karena merasa terlindungi oleh vaksin. 

Si kecil memang belum aktif secara seksual, tapi mereka akan tumbuh menjadi remaja dan dewasa. Perlindungan sejak awal terhadap HPV akan membantu mereka untuk memiliki ketahanan terhadap virus HPV penyebab kanker serviks yang memang bisa di dapat dari aktivitas seksual.

Mungkin bisa disamakan seperti menyetir mobil. Banyaknya kecelakaan kendaraan bikin moms khawatir kan. Tapi apa lantas bisa mencegah mereka selamanya dari menyetir? Tentu tidak. Cara melindungi mereka adalah dengan membekali mereka pengetahuan tentang menyetir. Bagaimana agar mereka menyetir dengan aman buat dirinya dan juga penumpangnya.

Ini juga berlaku untuk edukasi kesehatan seksual mereka. Semua anak berisiko terhadap infeksi HPV dan kanker yang disebabkan oleh HPV. Jika ada vaksin untuk mencegahnya, apakah moms akan menolak memberikannya ke anak?

Lalu kenapa direkomendasikan di usia 11 tahun? Kenapa tidak saat anak sudah dewasa dan bisa memutuskan sendiri untuk vaksin atau tidak?

Untuk vaksin bekerja efektif, perlu waktu yang cukup untuk mengembangkan imunitas, jauh sebelum anak-anak terpapar oleh virus. Kalau menunggu sampai terkena, tentu sudah terlambat. Jadi moms, ini bukan soal seks. Ini soal pencegahan kanker.

Referensi:

https://therivardreport.com/parents-hpv-vaccine-is-not-about-sex-its-about-preventing-cancer/

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!