Parents, Ini 3 Tips Pencegahan Kanker Yang Bisa Dilakukan Pada Si Kecil

Ingin melindungi si kecil dari risiko kanker di kemudian hari? Lakukan sejak dini. Mulai dengan membuat pilihan sehat seperti konsumsi buah dan sayur kaya nutrisi serta olahraga teratur untuk menjaga berat badan sehat. Lalu ikuti juga 3 tips berikut untuk membantunya menghindar dari beberapa jenis kanker.

Berlindung Dari Sinar Matahari

Terbakar sinar matahari dapat meningkatkan risiko si kecil terkena kanker kulit. Gunakan pelindung seperti topi, kaos lengan panjang, kacamata hitam, dan oleskan sun screen dengan minimum SPF 15 dan UVA dan UVB (broad spectrum) setiap melakukan kegiatan outdoor di hari panas.

Berikan Vaksin HPV

Human papillomavirus (HPV) adalah virus yang sangat umum dan hampir setiap orang pernah terkena dalam hidup mereka. HPV adalah penyebab utama kanker serviks dan juga dapat menyebabkan kanker vagina, vulvar, penis, dubur, dan orofaring.

Vaksin HPV melindungi dari tipe HPV penyebab kanker. Bisa diberikan pada anak laki-laki dan perempuan sejak usia 11 atau 12 tahun. Vaksin HPV bahkan sudah dapat diberikan di usia 9 tahun.

Ajak Si Kecil Bicara Tentang Merokok Dan Kanker

Cara terbaik untuk mencegah kanker yang diakibatkan oleh merokok adalah dengan tidak mulai merokok. Bicarakan tentang bahaya merokok dan mengapa kita tidak ingin mereka merokok. Menjadi perokok pasif juga bisa menyebabkan kanker paru-paru, jadi sebisa mungkin bersihkan lingkungannya dari rokok. Merokok juga meningkatkan risiko terkena kanker lain seperti kanker serviks.

Referensi:

https://www.cdc.gov/cancer/dcpc/resources/features/cancerandchildren/index.htm

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!