Apakah Saya Punya Kanker Serviks  ? Bagaimana Saya Bisa Tahu ?

Seberapa sering pertanyaan tersebut melintas di pikiran Anda? Kekhawatiran tersebut wajar mengingat setiap perempuan berisiko kanker serviks. Tak pandang usia atau gaya hidup, infeksi Human Papillomavirus (HPV) sebagai penyebab utama kanker serviks mengintai di kehidupan sehari-hari.

Jadi bagaimana cara mengetahui apakah Anda memiliki kanker serviks?

  • Kenali Kanker Serviks

Serviks merupakan area pada tubuh perempuan antara vagina dan uterus (rahim). Ketika sel-sel pada serviks menjadi abnormal dan berkembang dengan cepat, kanker serviks dapat berkembang. Virus yang dikenal dengan nama HPV merupakan penyebab pada hampir semua kasus kanker serviks. Lakukan Pap smear untuk mendeteksi keberadaan HPV dan sel pra-kanker pada serviks. (Baca: Kenali HPV, Kanker Serviks, Penyebab dan Pencegahannya)

  • Kenali Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks tidak menunjukkan gejala sampai pada stadium lanjut. Gejala awal kanker rahim yang muncul kadang disalah artikan sebagai gejala yang berhubungan dengan hal lain, seperti gangguan menstruasi, infeksi jamur, atau infeksi saluran kemih.

Jika mengalami pendarahan abnormal, seperti pendarahan di antara periode menstruasi, setelah berhubungan seksual, setelah pemeriksaan panggul, atau setelah menopause. Atau keputihan yang berlebihan, berwarna, dan berbau, lebih sering ingin buang air kecil dan terasa nyeri, atau nyeri panggul, segera kunjungi dokter untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.

Pada stadium awal, kanker serviks merupakan satu dari tipe kanker yang paling dapat disembuhkan. (Baca: 3 Gejala Infeksi HPV Pada Bayi dan Anak-anak)

  • Kenali Penyebab Kanker Serviks

HPV merupakan penyebab mayoritas kanker serviks. Strain tertentu dari virus ini menyebabkan sel normal serviks menjadi abnormal. Dalam jangka waktu lama, sel-sel tersebut dapat menjadi kanker. HPV dapat diperoleh melalui aktivitas seksual baik anal, oral, maupun vaginal. Tipe HPV penyebab kanker serviks adalah tipe 16 dan 18.

  • Kenali Pencegah Kanker Serviks

Kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV. Vaksin HPV dapat diberikan kepada anak-anak laki dan perempuan mulai usia 9 tahun; bagi perempuan dewasa bahkan bisa diberikan sampai usia 55 tahun. Direkomendasikan untuk memberikan vaksin HPV pada anak sejak usia dini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain vaksinasi, lakukan juga deteksi kanker serviks secara rutin, hindari rokok, dan tingkatkan sistem imunitas dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat. (Baca: Satu Vaksin HPV, Cegah Empat Jenis Kanker)

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/cervical-cancer-symptoms

https://www.cdc.gov/std/hpv/stdfact-hpv-vaccine-young-women.htm

https://cegahkankerserviks.org/pencegahan

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!