Benarkah Wanita Aktif Olahraga Bisa Terhindar dari Kanker Serviks?

Benarkah Wanita Aktif Olahraga Bisa Terhindar dari Kanker Serviks?

Anda rajin berolahraga? Atau sebaliknya tergolong malas? Apapun itu, kita tahu bahwa olah tubuh memiliki manfaat baik bagi kesehatan kita. Tapi bagaimana kalau olahraga bisa mencegah kanker serviks? Apa iya ya..?

Well, ternyata ada sebuah riset menyebut kalau wanita rutin berolahraga lebih mungkin terhindar dari penyakit disebabkan virus HPV (Human Papillomavirus) tersebut.

Kesimpulan itu berdasarkan Studi Journal Lower Genital Tract Disease lewat kuesioner pada 128 wanita kulit putih yang terdiagnosa kanker serviks dan 512 wanita memiliki masalah abnormal pada mulut rahimnya, tapi bukan kanker serviks. Berikut penjelasannya :

Wanita Rutin Berolahraga Minim Risiko Kanker Serviks

Peneliti mengelompokkan wanita yang olahraga kurang dari 4 sesi latihan per bulan  sebagai kelompok yang secara fisik  "tidak aktif." Tingkat ketidakaktifan fisik penderita kanker serviks didapatkan sebesar 31,1% dibandingkan dengan wanita yang tidak menderita   kanker serviks sebesar 26,1%.

Penemuan ini menunjukan bahwa pada wanita yang tidak melakukan olahraga/aktivitas fisik memiliki risiko 2,5 kali lebih besar untuk mendapatkan kanker serviks dibanding wanita yang melakukan olahraga. (Baca: Seberapa Dekat Kita Dengan HPV? Ini 5 Faktor Yang Bikin Kamu Lebih Berisiko Terinfeksi)

 Disarankan Minimal Latihan 30 Menit Per Minggu

Riset ini menyarankan agar wanita melakukan olaharaga atau latihan fisik. Bahkan, dengan latihan minimal 30 menit per minggu, telah secara signifikan mengurangi risiko kanker serviks. Menurut Peneliti dan Distinguished Professor of Oncology di Departemen Pencegahan dan Pengendalian Kanker di Roswell Park, Kristen Moysich, PhD, MS, setiap jumlah latihan olahraga bisa mengurangi risiko kanker serviks. Penelitian ini menunjukan bahwa, selain dengan tidak merokok dan melakukan skrining secara berkala, melakukan olahraga atau latihan fisik juga dapat mengurangi faktor risiko seorang wanita untuk terkena kanker serviks. (Baca: 3 Skrining untuk Deteksi Dini Kanker Serviks)

Sumber :

https://www.sciencedaily.com/releases/2016/05/160510143818.htm

https://journals.lww.com/jlgtd/Citation/2016/07000/Impact_of_Physical_Inactivity_on_Risk_of.9.aspx

https://www.roswellpark.org/media/news/exercise-may-reduce-risk-cervical-cancer

 

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!