6 Makanan Penyebab Kanker Serviks Yang Harus Di Ingat

Makanan bisa sebabkan kanker? Pertanyaan itu sering  muncul di benak kita. Dan pastinya hal itu bikin kita deg-degan, khawatir akan kebenarannya atau tidak. 

Kanker serviks merupakan suatu penyakit yang menyerang pada wanita yaitu menyerang pada bagian mulut rahim atau pada leher rahim. Penyakit ini dapat terjadi karena dua hal yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal.

Faktor internalnya yaitu dari menjaga kebersihan diri dan lain sebagainya sehingga human papiloma virus tidak akan dapat tumbuh di rahim yang akan menyebabkan terjadinya kanker rahim pada wanita terutama pada remaja yang sangat rentan.

Sedangkan, faktor eksternalnya yaitu dapat disebabkan karena makanan yang anda konsumsi sehari – hari yang dapat menyebabkan timbulnya kanker serviks yang tentu saja sangat berbahaya bagi wanita tersebut.

“Jadi apakah betul kanker itu dipicu dari pola makan?” kata Spesialis Gizi RS MRCCC Siloam Semanggi, Fiastuti Witjaksono mempertanyakan. Yang jelas, lanjut dia, terdapat hubungan erat antara nutrisi dan penyakit keganasan kanker. 

Ini terutama makanan yang mengandung karsinogen. Maka penting untuk tahu, makanan apa saja sih yang berisiko memiliki zat penyebab kanker tersebut. Yuk simak penjelasan dari Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo berikut ini :

  1. Kacang Yang Terlalu Lama Disimpan

Kacang yang sudah disimpan terlalu lama bisa mengandung jamur sehingga akhirnya mengandung aflatoksin. Yakni racun yang merupakan karsinogen natural dimana bisa menyebabkan kanker liver. (Baca: Mengenal Gejala dan Pengobatan Kanker Serviks Stadium 1)

  1.  Gula Artisfisial (Sakarin dan Siklamat)

Sakarin dan siklamat banyak digunakan oleh pedagang kecil. Sakarin juga banyak digunakan pada minuman energi. Berisiko menyebabkan kanker kandung kemih.

  1. Makanan dan Minuman Beralkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol sangat beresiko menyebabkan penyakit kanker dan jika minuman atau makanan yang mengandung alkohol ini di konsumsi dalam waktu yang sangat lama maka akan menimbulkan penyakit kanker.

Makanan dan minuman yang beralkohol ini jika di konsumsi berbarengan dengan rokok maka risikonya sangat tinggi sekali. Hal ini karena bisa melemahkan bebeapa fungsi organ pada tubuh dan juga merupakan pemicu dalam berkembangnya suatu sel – sel kanker yang berada pada mulut rahim atau pada leher rahim.

Oleh karena itu, jauhi atau hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan juga rokok agar anda bisa terhindar dari bahayanya risiko terkena penyakit kanker serviks yang berbahaya ini. Kemudian, banyak – banyaklah dalam meminum air putih karena akan membantu sistem kesehatan anda.

  1. Daging Dengan Cara di Bakar

Jenis makanan daging dan ikan yang dibakar dan terkena api bisa bersifat karsinogen. Makanan yang dibakar tentu saja banyak digemari oleh setiap orang apalagi orang indonesia yang mempunyai berbagai jenis makanan dengan cara pengolahannya di bakar. Makanan yang dibakar ini yaitu seperti sate, iga bakar, ayam bakar, ikan bakar dan yang lainnya.

Namun, perlu anda ketahui bahwa proses pembakaran makanan ini dengan menggunakan arang saat proses pembakaran akan mengakibatkan zat yang sifatnya racun dan dapat memicu terjadinya kanker yang termasuk juga kanker serviks.

Zat yang beracun ini yaitu terdapat pada bagian makanan yang gosong saat proses pembakaran suatu olahan makanan. Hal ini seringkali tidak disadari oleh sebagian masyarakat dan justru pada olahan makanan yang dibakar maka yang gosong itulah yang sering dicari oleh masyarakat.

Arang itu sendiri mengandung karbon dan karbon itu termasuk ke dalam zat karsinogenik yaitu yang bisa memicu atau menimbulkan terjadinya kanker. Anda boleh memakan makanan dari proses pembakaran suatu makanan namun anda harus bisa membatasinya agar anda terhindar dari bahayanya penyakit kanker yang termasuk juga dengan kanker serviks.

Jangan memasak hingga terlalu gosong. Sebaiknya tidak sering mengonsumsinya. Kalaupun iya, proses membakar sebaiknya menggunakan daun sebagai bungkus. Bisa menyebabkan kanker kolon dan kanker payudara.

  1. Makanan Gorengan

Sama dengan daging dibakar, makanan yang digoreng dengan minyak banyak juga bisa menghasilkan karsinogen dari proses penyiapannya. Berisiko menyebabkan kanker kolon dan payudara. (Baca: Siapa Saja yang Berisiko Terkena Kanker Serviks?)

Makanan yang banyak sekali mengandung lemak selain akan berpengaruh pada kolesterol anda namun juga bisa mengakibatkan kanker serviks. Oleh karena itu, anda harus membatasi konsumsi makanan berlemak seperti halnya gorengan.

Makanan berlemak dapat memicu terjadinya kanker serviks karena lemak ini dapat memproduksi hormon estrogen yang jika hormon ini di produksi dengan jumlah yang cukup banyak atau berlebih maka akan memaparkannya pada bagian rahim sehingga akan menimbulkan penyakit kanker serviks.

Selain kolesterol dan kanker serviks, makanan berlemak juga dapat menyebabkan obesitas yang juga merupakan masalah kesehatan bagi tubuh anda. Dengan adanya obesitas atau berat badan yang berlebih ini seringkali menimbulkan untuk orang tersebut malas dalam bergerak yang akan berakibat dengan munculnya penyakit diabetes yang juga akan meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang mengandung banyak lemak ini dapat ditemukan dengan mudah dan dimana saja sehingga anda harus berhati – hati saat memilih makanan. Makanan berlemak ini dapat ditemukan di jenis makanan yang cara pengolahannya di goreng, junkfood atau makanan cepat saji, makanan instan, krim susu, kemudian daging olahan dan lain sebagainya.

Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang rendah lemak yaitu seperti dada ayam, daging khas dalam, kemudian susu yang rendah lemak dan batasi konsumsi mie instan dan juga membatasi konsumsi gorengan serta melakukan olahraga rutin agar tubuh tetap sehat dan kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Pengawet dan Pewarna dalam Makanan

Pedagang nakal terkadang menggunakan pengawet dan pewarna yang bukan untuk makanan. Karena pewarna makanan mahal, mereka menggunakan pewarna tekstil. Selalu pastikan keamanan dari jajanan di pinggir jalan.

Di zaman yang modern ini banyak sekali makanan instan yang sangat mudah anda temukan di berbagai daerah – daerah yang ada di indonesia bahkan saat di desa sekalipun. Dengan perkembangannya zaman semuanya menjadi instan apalagi soal makanan.

Makanan instan ini yang biasa anda temukan di minimarket, supermarket ataupun di warung – warung tempat anda berada. Seringkali anda memilih untuk praktis dan tidak ingin ribet atau susah sehingga lebih memilih makanan yang berupa instan ini.

Makanan instan ini biasanya berupa makanan kaleng, sosis atau nugget, mie instan dan olahannya lainnya yang dapat anda temukan dengan sangat mudah di berbagai daerah tempat tinggal anda.

Namun, anda perlu tahu bahwa makanan instan ini banyak sekali yang mengandung bahan pengawet dan pengawet ini tentu saja tidak akan baik bagi kesehatan tubuh anda dan justru akan menyebabkan adanya penyakit kanker karena dari pengawet tersebut.

Tidak hanya bahan pengawet yang bisa menyebabkan kanker serviks namun juga bahan pemanis atau pewarna buatan yang terdapat pada makanan tersebut yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Sehingga anda harus membatasi dalam mengkonsumsi makanan instan tersebut.

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!