Ramadan Mengingatkan Ruben Onsu Saat Jupe Kritis

Bulan Ramadan selalu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi Ruben Onsu. Pasalnya, presenter terkenal ini, kerap kebanjiran tawaran menjadi pembawa acara hiburan jelang buka puasa, ataupun sahur.

Tapi Ramadan tahun ini, menyelipkan kesedihan di benak Ruben. Dia mengaku, Ramadan mengingatkannya pada sosok Julia Perez (Jupe), sahabatnya, yang meninggal dunia 10 Juni 2017, akibat menderita kanker serviks.

“Buat saya, yang membedakan di Ramadan kali ini, enggak ada Jupe,” kata Ruben.

 Ruben mengungkapkan, Ramadan mengingatkannya pada saat Jupe mengalami masa kritis akibat menderita kanker serviks. Pada Ramadan tahun lalu, Jupe menghabiskan waktu dengan dirawat di RSCM, dan kondisinya terus menurun hingga akhirnya meninggal dunia. (Baca: Belajar dari Perjuangan Jupe Menghadapi Kanker Serviks)

Sambil mengenang kebersamaannya dengan Jupe saat Ramadan, Ruben menuturkan, keduanya memiliki tradisi selama Ramadan. Ruben kerap membangunkan Jupe untuk sahur, atau keduanya saling bertukar makanan kesukaan untuk berbuka puasa ataupun sahur.

“Kan Ramadan tahun kemarin itu, dia (Jupe, Red) menuju kritis, karena di pertengahan puasa, almarhum meninggalkan saya. Jadi ngerti ya, suasana hati saya lebih ke sedih dan gundah,” ujar Ruben. 

Ruben menuturkan, selalu menyempatkan waktu menemani Jupe ketika berjuang melawan kanker serviks. Bahkan di saat-saat kritis Jupe, yang bersamaan dengan padatnya syuting acara Ramadan, Ruben tetap berupaya untuk mengunjungi Jupe di RSCM.(Baca: Divonis Kanker Serviks, Jupe Sampai Temui 20 Dokter)

Baginya, bertatap muka secara langsung dan ngobrol dengan sahabatnya itu, menjadi momen yang sangat berharga. Ketika Ruben tak bisa berkunjung, dia kerap meminta istrinya, Sarwendah, untuk mengunjungi Jupe di rumah sakit.

“Saya tuh biasa face time sama dia. Kalau enggak saya dan Jupe, biasanya istri saya (Sarwendah, Red) dan Jupe. Oh my God, waktu Ramadan kemarin masih dampingi dia, sekarang jadi kehilangan banget,” tutur Ruben.

Saking kehilangan Jupe, Ruben mengaku butuh mempersiapkan hati secara khusus setiap ziarah ke makam Jupe, karena tak ingin dalam keadaan sedih saat ziarah ke tempat peristirahatan terakhir sahabatnya itu. (Baca: Ini Lima Sikap Positif Jupe Hadapi Kanker Serviks)

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!