Lakukan 4 Pola Hidup Sehat Mencegah Kanker Serviks

Tak terbantahkan, melakukan pola hidup sehat merupakan fondasi untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Pola hidup sehat bukan saja melalui asupan makanan yang sehat tetapi juga prilaku dan  aktivitas sehat dalam menunjang kehidupan yang sehat.

Saat ini, di Indonesia salah satu penyakit yang menjadi momok terbesar adalah kanker serviks. Setiap jam, lebih dari 1 perempuan di Indonesia meninggal karena kanker ganas ini.  Penyebab utama kanker serviks adalah perubahan sel normal serviks yang diakibatkan oleh infeksi sebuah virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV).

Baca Juga : Kenali HPV, Kanker Serviks, dan Pencegahannya

Berikut ini 4 pola hidup sehat dipercaya dapat mencegah menularnya penyakit kanker serviks.

  1. Asupan Makanan Sehat

Tubuh yang kuat bisa didapat melalui dengan perbanyak asupan bergizi kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran.

  1. Hindari merokok dan minuman beralkohol.

Dari sisi kesehatan, bahaya rokok sudah tak terbantahkan lagi. Lebih dari 70 ribu artikel ilmiah membuktikan bahayanya merokok. Dalam setiap kepulan asap rokok terkandung 4.000 racun kimia berbahaya, dan 43 diantaranya bersifat karsinogenik atau merangsang tumbuhnya kanker.

Sedangkan mengkonsumsi alcohol dalam jangka panjang dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti stroke, kerusakan jantung, kerusakan hati dan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Prilaku Seks Sehat

Apakah cukup hanya melalui asupan makanan bergizi saja untuk mencegah menularnya penyakit kanker serviks? Ternyata tidak! Prilaku hidup yang sehat dapat mengurangi resiko terpaparnya virus HPV.  Prilaku berupa menjaga kehidupan seksual yang aman. Tidak berganti-ganti pasangan.

  1. Vaksinasi HPV Dan Deteksi Dini

Langkah preventif harus dilakukan untuk pencegahan menularnya virus HPV. Sedini mungkin melakukan vaksinasi HPV. Langkah lainnya, deteksi dini secara rutin melalui tes pap smear atau IVA setiap tahun untuk wanita masih aktif secara seksual.

Baca Juga : Kenali HPV, Kanker Serviks, dan Pencegahannya

Vaksinasi HPV diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus HPV dan memberikan perlindungan terhadap kanker serviks dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus HPV. Di Indonesia, vaksin HPV dapat melindungi dari HPV tipe 6,11,16,dan 18. HPV tipe 16 dan 18 terbukti menjadi penyebab 70% kanker serviks di seluruh dunia.

Lokasi Vaksin HPV disini.