Sarwendah : Terinspirasi Semangat Jupe dalam Melawan Kanker Serviks

Mantan personel Cherrybelle, Sarwendah, dikenal sebagai artis yang aktif menjadi duta Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). Hampir di setiap kesempatan, Sarwendah selalu hadir untuk memberi dukungan terhadap kegiatan KICKS. Termasuk saat mengikuti workshop Bracelet for Hope pada peringatan Hari Kartini, 21 April 2018 lalu di Plaza Indonesia.

Agar bisa hadir pada acara tersebut, Sarwendah tak sungkan naik ojek online untuk menembus kemacetan Kota Jakarta. Ketika tiba di lokasi, Sarwendah sangat bersemangat mengikuti tutorial mengepang “Gelang Harapan” dan langsung mempraktekannya. Dia juga begitu antusias mempromosikan gelang buatannya yang hasilnya dilelang untuk membantu penderita kanker serviks. (Baca: Catatan Perjalanan Jupe Melawan Kanker Serviks)

Saat ditanya wartawan alasan mengapa begitu bersemangat mendukung kegiatan KICKS, artis cantik ini mengaku terinspirasi semangat mendiang artis Julia Perez, yang meninggal akibat menderita kanker serviks, pada 10 Juni 2017.

Menurut Sarwendah, semangat Julia Perez sebagai Duta KICKS yang terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang ancaman kanker serviks, membuat hatinya tersentuh. Apalagi aktivitas sebagai Duta KICKS dilakoni Julia Perez saat dirinya dalam kondisi menderita kanker serviks stadium lanjut.

Sambil mengenang mendiang Julia Perez yang akrab disapa Jupe itu, Sarwendah mengungkapkan, dirinya terlibat menjadi Duta KICKS karena dorongan Jupe. Waktu itu ada kegiatan KICKS, di mana Jupe seharusnya hadir. Namun karena kondisinya yang sakit parah, Jupe tak bisa menghadiri acara itu dan mendorong Sarwendah dan suaminya, Ruben Onsu, untuk hadir ke acara KICKS menggantikannya. (Baca: Sarwendah Berharap Vaksin HPV Terjangkau Semua Kalangan)

“Tadinya Kak Jupe yang harusnya dateng, tapi dia bilang sama Bensu (nama panggilan Ruben Onsu, red.) dan saya untuk menggantikan dia” kata Sarwendah.

Melihat semangat Jupe yang tak pantang menyerah melawan penyakit kanker serviks, Bensu dan Sarwendah akhirnya terpanggil untuk ikut terlibat menjadi Duta KICKS. Pasangan artis dan presenter ini ingin meneruskan perjuangan Jupe untuk membuat masyarakat waspada dan peduli mencegah kanker serviks.

“Kita sangat tergerak sekali karena melihat perjuangan kak Jupe juga. Apalagi wanita-wanita sekarang kan, kadang mengangap penyakit ini sepele, padahal sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja,” ujar Sarwendah. (Baca: Seberapa Dekat Kita Dengan HPV? Ini 5 Faktor Yang Bikin Kamu Lebih)